Jangan Panik, Pelajari dan Lakukan Hal Ini Ketika Terjadi Gempa Apa yang harus kamu lakukan ketika gempa. (Foto: dumielauxepices.net)

SEDIKIT pengetahuan serta beberapa tindakan pencegahan dapat sangat efektif untuk menghindari kerugian yang ditimbulkan dari bencana gempa bumi. Sering terjadi akhir-akhir ini di Indonesia, yuk bekali dirimu dan keluarga dengan berbagai tips seputar gempa yang bermanfaat untuk menjaga keamanan semua orang.

Satu yang terpenting adalah mengutamakan keselamatanmu dan keluarga, dengan mempelajari apa yang harus kamu lakukan mulai dari sebelum terjadi gempa, ketika gempa berlangsung, dan juga apa yang harus kamu lakukan sesudah gempa.

Baca juga:

4 Tips yang Harus Kamu Ingat ketika Gempa Disusul Peringatan Tsunami

1. Sebelum terjadi gempa

Jangan Panik, Pelajari dan Lakukan Hal Ini Ketika Terjadi Gempa
Berlindunglah dibawah meja ketika terjadi gempa. (Foto: Lake Washington Institute of Technology)

Dilansir dari geology, sebelum terjadi gempa sebaiknya kamu menghimbau semua orang untuk sigap dan memahami apa yang harus dilakukan, yaitu dengan stok persediaan darurat seperti makanan, minuman, P3K, selimut, pakaian, bahan bakar memasak, kompor, obat-obatan, serta peralatan yang digunakan untuk mematikan gas, air, atau peralatan listrik untuk keadaan darurat. Tidak lupa untuk menyiapkan senter serta baterai.

Setelah persediaan darurat dipenuhi, coba perhatikan barang-barang berat dirumahmu dan jangan diletakkan di rak atas untuk menghindari barang terjatuh dan mencelakakan orang lain.

Simpan benda pecah belah ke lemari yang bisa dikaitkan pintunya. Jangan menggantung cermin berat ataupun bingkai foto diatas tempat orang-orang biasanya duduk atau tidur. Hindari cairan yang mudah terbakar dari alat-alat yang berpotensi bisa menyulut api seperti pemanas air, kompor, tungku.

2. Ketika terjadi gempa

Jangan Panik, Pelajari dan Lakukan Hal Ini Ketika Terjadi Gempa
Ketika berkendara, menepi dan berhentilah di jalan kosong. (Foto: dumielauxepices.net)

Ketika gempa terjadi, janganlah panik. Jika kamu berada di dalam ruangan, tetaplah disana. Tujuannya adalah untuk melindungi dirimu dari objek yang mungkin akan jatuh dari sekitarmu. Hindari jendela, cermin besar, benda bergantung, dan furnitur berat.

Jika masih sempat disarankan untuk segera keluar ruangan, namun jika tidak berlindunglah dibawah meja yang kuat. Jika kamu sedang berada di luar ruangan, berpindahlah ke area yang terbuka agar kamu terhindar dari benda yang berjatuhan seperti pohon, bangunan, dan tiang listrik.

Baca juga:

Terjebak di Bioskop Saat Gempa? Lakukan 5 Hal Ini

Ketika gempa terjadi saat kamu sedang mengemudi, kurangi kecepatan perlahan dan menepilah. Hindari menepi dibawah jembatan, pohon, tiang listrik, rambu lalulintas, atau benda berat lainnya, dan usahakan tetap berada di dalam mobil.

3. Setelah terjadi gempa

Jangan Panik, Pelajari dan Lakukan Hal Ini Ketika Terjadi Gempa
Pelajari apa yang harus dilakukan saat gempa bumi. (Foto: bimcbali.com)

Cek keselamatan diri sendiri dan orang disekitarmu, cek kerusakan pada bangunan. Jika kamu mencium atau mendengar kebocoran gas, keluarkan semua orang dari ruangan dan buka kaca serta seluruh pintu yang ada. Hindari penggunaan peralatan listrik karena percikan kecil dapat memicu gas.

Jika listrik mati, cabut colokan untuk mencegah kerusakan ketika listrik kembali menyala. Jika kamu mencium bau hangus atau melihat percikan api, matikan listrik dari pusatnya. Jika kamu harus melewati atau menginjak air untuk mematikan listrik, sebaiknya gunakan sendal karet. Ketika itu sudah terlalu bahaya untuk kamu lakukan, lekas hubungi pihak PLN untuk membantumu mengatasinya. (shn)

Baca juga:

Cara Ampuh Mengatasi Trauma Akibat Gempa



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH