Jangan Panik, Ini Langkah yang Harus Dilakukan Saat Mobil 'Overheat' Kenali langkah-langkah yang perlu dilakukan saat mobil overheat (Foto: pixabay/devolk)

SAAT perjalanan mudik Lebaran, biasanya jarak yang ditempuh oleh kendaraan cukup jauh. Bila kondisi kendaraan sedang kurang prima, bukan tidak mungkin bisa terjadi masalah overheat di perjalanan. Hal itu biasanya disebabkan oleh kondsi jalan yang macet dan cuaca ekstrim.

Mesin mobil overheat merupakan kondisi suhu mesin terlalu tinggi jauh di atas suhu maksimal mesin. Bila hal itu terjadi pada kendaraanmu, kamu jangan langsung panik dan melakukan hal-hal yang bisa memperparah keadaan. Tetaplah tenang dan lakukan beberapa langkah berikut ini.

Baca Juga:

Begini Mengatur Muatan Mobil untuk Mudik Lebaran

Seperti yang dikutip dari laman Antara, langkah pertama yakni tepikan kendaraan dan matikan mobil. Saat terjadi overheat pada mesin mobil, sebaiknya kamu segera tepikan mobil kamu dan matikan mesin mobil. Hal itu agar mobil kamu tidak mengalami kerusakan yang lebih parah. Jangan lupa juga untuk mengawasi jarum temperatur.

Tepikan mobil ke pinggir jalan dan matikan mesin mobil saat mengalami overheat (Foto: pixabay/photoman)

Langkah yang kedua yaitu buka kap mesin. Jangan biarkan panas berlebih terperangkap di ruang mesin. Carilah tuas kecil pembuka kap mesin, kemudian angkat. Namun kamu harus hati-hati dalam melakukannya, karena ada risiko kamu tersengat panas radiator.

Kemudian, langkah ketiga, jangan buka tutup radiator apabila masih dalam kondisi panas. Karena, bila kamu membuka tututp radiator saat mesin mobil panas, bisa menyebabkan uap serta air bertekanan tinggi menyembur, hal itu bisa mengakibatkan luka bakar serius bila terkena tubuhmu.

Langkah keempat, periksa tabung cadangan air radiator. Setiap mobil memiliki cadangan air radiator, yang terhubung ke bagian atas radiator. Hal itu akan membantu kamu untuk melihat apakah air radiator kurang atau tidak. Kemudian, terdapat juga indikator ketinggian air.

Apabila air kurang, aka dapat berbahaya untuk mesin. Langkah yang perlu kamu lakukan, yaitu menambahkan cairan pendingin hingga posisi garis atas. Kamu bisa mengisi air di tabun meskin mesin panas, atau menunggu hingga mesin dingin. Apabila mobil kamu tidak memiliki tabung radiator cadangan, maka kamu harus menunggu mesin dingin sebelum membukanya.

Langkah kelima, cari kebocoran pada sistem pendinginan. Apabila radiator atau kepala silender rusak, kemungkinan terjadi kebocoran pada sistem pendingin. Apabila kamu paham dengan mesin mobil, periksa beberapa komponen seperti radiator, blok mesin, atau kepala silinder di dekat gasket, yang mungkin terjadi kebocoran pada salah satu komponen itu.

Baca Juga:

Tips Jaga Stamina untuk Perjalanan Mudik

Periksa beberapa komponen bila kamu memahami tentang mesin mobil, karena bisa jadi radiator mobilmu hanya kekurangan cairan dan bisa diisi lalu kamu bisa melanjutkan perjalanan (Foto: pixabay/sinaykata)

Namun, bila kamu tidak paham, kamu bisa membawa mobilmu ke bengkel terdekat, serta meminta mereka melakukan tes tekanan sistem pendingin. Pemeriksaan tersebut mudah serta mungkin bisa dilakukan dengan gratis.

Langkah keenam, putuskan tetap jalan atau perlu memanggil bantuan. Bila radiator hanya kekurangan cairan, kamu hanya tinggal mengisinya dan tidak menjadi masalah. Tapi, bila kamu rasa kondisinya parah, jangan jalankan mobil.

Bila bantuan mudah didapat, kamu bisa minta mobil derek dibanding harus mengendarainya. Apabila tidak ada bantuan atau kondisi tidak aman, sebaiknya kamu teruskan mengemudi demi keselamatan sampai tempat yang dirasa aman. (Ryn)

Baca Juga:

Mudik Dengan Mobil SUV? Perhatikan Hal Penting Ini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pentingnya Membenahi Diri Sebelum Menjadi Orangtua
Fun
Pentingnya Membenahi Diri Sebelum Menjadi Orangtua

Penting sekali membenahi diri dan menyembuhkan trauma masa kecil sebelum akhirnya memutuskan memiliki buah hati.

'RoboCop: Rogue City', Kembalinya Karakter Robot Polisi Era 90an
Fun
'RoboCop: Rogue City', Kembalinya Karakter Robot Polisi Era 90an

RoboCop: Rogue City diumumkan pada event Nacon Connect.

Siapkan Ini Sebelum Melamar Pacar di Hadapan Calon Mertua
Fun
Siapkan Ini Sebelum Melamar Pacar di Hadapan Calon Mertua

Kamu harus meminta restu secara khusus kepada calon mertua agar diizinkan untuk menikahi putrinya.

Esports Berikan Dampak Positif bagi Ekosistem Ekonomi Digital
Fun
Esports Berikan Dampak Positif bagi Ekosistem Ekonomi Digital

Sandiaga Uno menuturkan, bahwa ada banyak dampak positif yang bisa diberikan dari sektor Esports, khususnya di masa pandemi ini.

Aksi Tanam 500 Mangrove di Tanjung Pandan
Fun
Aksi Tanam 500 Mangrove di Tanjung Pandan

Elnusa Petrofin melakukan aksi Penanaman 500 bibit mangrove di Tanjung Pandan, Belitung.

Ada Risiko Lain dari Memuji Anak Pintar
Fun
Ada Risiko Lain dari Memuji Anak Pintar

anak-anak yang dipuji karena 'pintar' cenderung menyalahkan kegagalan.

Kebiasaan Berkendara Tertentu Merusak EPS Mobil
Fun
'Resident Evil 4' akan Kembali Hadir dengan Grafik Lebih Modern
Fun
'Resident Evil 4' akan Kembali Hadir dengan Grafik Lebih Modern

Leon tetap menjadi karakter utama di Resident Evil 4 remake ini.

Jadwal Balapan Formula 1 dan MotoGP di Akhir Pekan 18-19 Juni 2022
Olahraga
Jadwal Balapan Formula 1 dan MotoGP di Akhir Pekan 18-19 Juni 2022

MotoGP akan digelar Jerman dan Formula 1 di Kanada.

Atasi Kecemasan akibat Kemunculan Varian Omicron
Hiburan & Gaya Hidup
Atasi Kecemasan akibat Kemunculan Varian Omicron

Kenali tips megnatasi kecemasan dan ketakutan akibat munculnya varian baru Virus COVID-19 Omicron