Jangan Panik, Begini Tips Mudah Memilih Dekorasi Pelaminan Contoh dekorasi pelaminan bergaya mewah (Foto: Ist)

MerahPutih.Com - Setiap pasangan pastinya memiliki impian terkait dengan dekorasi pelaminan. Tetapi masih saja banyak yang merasa kebingungan pada saat menentukan konsep apa yang ingin dipilih untuk dekorasi di pelaminannya.

Pernikahan adalah sebuah acara yang bisa dibilang sangat sakral dan pastinya menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu kedua mempelai. Jika bisa hanya dilangsungkan seumur hidup sekali ini harus berlangsung sesempurna mungkin.

Baik dari segi tempat, dekorasi pelaminan, makanan, serta fasilitas-fasilitas pendukung lainnya. Dekorasi dari berbagai tema bisa memberikan nuansa tersendiri dan juga kesan yang berbeda. Oleh sebab itu jangan sampai salah memilih dekorasi pernikahan ini.

Dekorasi yang bagus biasanya mahal. Itu setidaknya yang sekarang ada di pikiran kita. Kamu sudah lama sekali browsing mencari desain untuk pelaminan nanti tapi dari segi budget tidak cocok.

Dekorasi pelaminana bergaya bunga klasik
Dekorasi pelaminan bergaya klasik (Foto: Ist)

Sebenarnya, tidak semua dekorasi yang bagus itu mahal lho. Dan alangkah bijaknya jika kamu tidak terlalu menghabiskan dana untuk membuat desain pelaminan. Bagaimana jika dana tersebut lebih difokuskan pada jamuan untuk tamu. Bukankah tamu itu yang harus disuguhi dengan jamuan yang terbaik?

Dan ingat juga. Pernikahan itu bukan pada saat acara resepsi saja. Justru resepsi itu awal dari sebuah pernikahan. Ada masa panjang yang harus dijalani bersama pasangan, mulai dari memikirkan di mana tinggal, bagaimana menata kehidupan rumah tangga, dan lain sebagainya.

Tips Memilih Dekorasi Pernikahan

Salah satu hal paling penting serta tidak boleh sampai terlewatkan adalah menyiapkan dekorasi pelaminan. Oleh sebab itu, dekorasinya harus dibuat seindah dan semenarik mungkin.

Hal ini dikaranakan tempat pelaminan akan menjadi pusat perhatian bagi para tamu undangan yang hadir di acara resepsi pernikahan. Di bawah ini adalah beberapa tips saat menentukan dekorasi tempat pelaminan, diantaranya adalah:

Dekorasi pelaminan kekinian
Dekorasi pelaminan dengan tema kekinian (Foto: bridestory.id)

Tentukan dulu tema dan warna dekorasi

Dalam hal ini apakah kamu ingin mengangkat konsep tradisional, modern, ataupun kombinasi diantara keduanya. Barulah setelah menentukan tema, selanjutnya baru tentukan warna dekorasinya.

Cek tempat pernikahan

Ketika Anda menggelar resepsi pernikahannya indoor, jangan lupa untuk memastikan tinggi langit-langit ruangan supaya bisa disesuaikan dengan tema dekorasi pelaminan yang ingin diangkat.

Tapi ketika pernikahannya outdoor, hal utama yang harus diperhatikan adalah faktor cuaca. Untuk itu sebaiknya siapkan tenda yang simpel tapi elegan supaya para tamu tidak terganggu dengan panasnya cuaca maupun hujan yang turun dengan tiba-tiba.

Cari jasa dekorasi pernikahan

Baiknya, konsultasilah terlebih dahulu dengan vendor supaya bisa memperoleh gambaran seperti apa dekorasi yang cocok untuk pernikahan kamu nantinya. Tidak hanya pelaminan saja, tetapi juga pergola, standing flower dan lain-lain supaya selaras dengan tema pernikahan yang ingin diangkat.

Dekorasi pelaminan dengan bunga-bunga segar
Dekorasi pelaminan dengan gaya bunga-bunga segar (Foto: Ist)

Segarkan dengan tampilan bunga segar

Hiasan bunga-bunga yang masih segar akan turut menambah kesegaran suasana pelaminan Anda. Jangan lupa untuk memilih jenis bungan yang sesuai dengan tempat pelaminan. Selain itu jangan lupa untuk menentukan juga posisi standing flower, pergola, dan lain sebagainya.

Mintalah layout dekorasi pelaminan

Agar bisa memperoleh gambaran secara lebih details lagi, tidak ada salahnya jika meminta kepada vendor untuk dibuatkan layout gambar dekorasi tempat pernikahan. Selain itu, pastikan bagian belakang pelaminan tertutup rapat dari cahaya supaya tidak terjadi backlight pada saat dokumentasi pernikahan dilakukan.

Contoh Konsep Dekorasi Pelaminan Terbaru

Bagi kamu yang masih bingung terkait dengan konsep dekorasi pelaminan yang ingin diangkat, mungkin 6 konsep dekorasi untuk pelaminan ini bisa menjadi solusinya.

Dekorasi dengan nuansa sederhana tapi berkelas
Dekorasi pelaminan dengan nuansa pedesaan (Foto: Ist)

Nuansa Pedesaan di Gedung

Jika Anda perhatikan, konsep dekorasi untuk pelaminan di dalam gedung hanya itu-itu saja. Jika Anda tertarik dengan konsep dekorasi yang berbeda dan kekinian, memilih konsep dekorasi nuansa pedesaan bisa menjadi solusinya.

Di area pelaminannya, latarnya didesain dengan rotan bambu. Lalu untuk bunga yang bisanya dipasang di latar, bisa Anda ganti dengan berbagai tanaman hijau. Misalnya saja seperti pohon pisang. Tujuannya adalah supaya kesan pedesaannya menjadi semakin kental.

Fun Wedding

Dekorasi pelaminan uantuk acara pernikahan tidak melulu harus berada di dalam ruangan. Pernikahan yang diselenggarakan di luar ruangan ternyata juga cocok dengan tema Fun Wedding seperti ini. Dengan tema warna-warni yang cukup romantis, berbagai jenis bunga kertas, kincir angin, pita yang menghiasi acara pernikahan Anda dengan balutan kasual. Dijamin akan sangat romatis.

Dekorasi dengan nuansa taman
Dekorasi dengan nuansa taman ruangan (Foto: Ist)

Taman dalam Ruangan

Siapa bilang tema pernikahan kebun tidak bisa dilakukan di dalam ruangan. Sebab sangat memungkinkan untuk mendekorasi ruangan dengan tema taman seperti ini. Dipenuhi dengan berbagai macam dekorasi yang serba hijau dan penuh dengan bunga. Sudah pasti tidak akan jauh berbeda dengan pesta pernikahan di outdor.

Nuansa Pantai

Banyak sekali yang mendambakan pernikahan di aera pantai. Alasannya pantai bisa memberikan suasana eksotis dan romatis. Dikarenakan pantai sudah menjadi latar untuk dekorasi pelaminan, sebaiknya untuk dekorasi lainnya didesain sesederhanan mungkin. Dalam hal ini, nuansa serba putih bisa menjadi pilihannya karena akan membuat tampak lebih modern dan anggun.

Dekorasi nuansa piknik
Dekorasi pelaminan dengan gaya outdoor atau picnic (Foto: Ist)

Picnic Wedding

Pernikahan adalah momen yang sangat membahagiakan. Oleh sebab itu sebagai mempelai Anda juga harus membagi kebahagiaan tersebut dengan para tamu undangan. Konsep yang satu ini tergolong unik namun sangat menyenangkan.

Dibandingkan bentukan formal di dalam gedung, Anda bisa memilih menggunakan tikar dan bantal untuk tempat duduk para tamu sehingga akan memberikan suasan pesta yang lebih akrab dan santai. Balon-balon akan menjadi hiasan tersendiri yang akan menambah keunikan pesta pernikahan Anda.

Alice In Wonderland

Dekorasi Pelaminan Alice in Wonderland
Dekorasi pelaminan bergaya Alice In Wonderland (Foto: bridestory/id)

Cerita dongen bisa menjadi inspirasi untuk dekorasi pelaminan dan resepsi pernikahan secara keseluruhan. Misalnya saja cerita Alice In Wonderland. Latar belakang pelaminan didesain bentuk jam besar dengan dua kartu yang menggambarkan kekhasan dari Alice In Wonderland.

Yang pasti tidak melulu hanya latar belakang pelaminannya saja, tentunya untuk dekorasi lainnya juga tidak luput dihias dengan mengaplikasikan tema Alice ini, bisa dengan cara memberikan hiasan bungan dan kain warna-warni.

Bagi Anda yang masih kebingungan dengan tema pelaminan yang akan diangkat, semoga salah satu dari ke-6 konsep dekorasi pelaminan terbaru di atas bisa menjadi solusinya.

Jadi, kira-kira mana dekorasi yang disukai? Tapi ingat ya, sesuaikan dengan budget yang kamu punya. Dan yang terpenting lagi, jangan terlalu memaksakan diri memesan dekorasi yang terlalu mewah. Cukup yang sederhana tapi menarik saja. Sisakan tabungan untuk hal yang lebih penting selanjutnya setelah acara resepsi, seperti membeli rumah dan perabotan di dalamnya. Itu juga butuh dana yang tidak sedikit lho. Bukankah itu lebih bijak daripada menghambur-hamburkan uang untuk membuat dekorasi pelaminan yang sebenarnya hanya digunakan satu hari saja?(*)

*Artikel ini diolah merahputih.com dari berbagai sumber



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH