Jangan Panaskan Nasi Terus Menerus, ini Alasannya Nasi putih. (Foto: Pixabay)

BANYAK kabar beredar melalui WhatsApp Group agar tidak memanaskan nasi terus menerus dalam rice cooker lantaran dapat memicu diabetes, bahkan kanker. Anda pun pasti bertanya-tanya, apakah informasi tersebut benar?

Ahli Gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr dr Saptawati Bardosono, MSc menyebutkan nasi memang memiliki nilai indeks glikemik tinggi. Efeknya terhadap tubuh manusia adalah meningkatkan, atau sebaliknya, menurunkan kadar gula darah secara cepat.

Saat nasi dihangatkan terus menerus dalam rice cooker, gelatinisasi akan terjadi. Gelatinisasi inilah yang akan meningkatkan indeks glikemik tinggi.

"Nasi memiliki nilai indeks glikemik tinggi sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Bila terlalu lama dimasak akan menyebabkan proses gelatinisasi sehingga akan menurunkan kadar seratnya dan meningkatkan nilai indeks glikemik," terang Saptawati, sebagaimana dikutip dari ANTARA.

Makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat memicu diabetes dalam jangka panjang. Bahkan, ada pula peneliti yang mengaitkan indeks glikemik tinggi dengan obesitas, jantung, dan beberapa jenis kanker.

Karena itu, Tati menyarankan nasi yang sudah matang segera dikonsumsi. Bukannya dipanaskan terus menerus.

"Dengan mendinginkan nasi maka proses tersebut dapat dihentikan sehingga tidak akan meningkatkan indeks glikemik. Nasi sekali masak untuk langsung dikonsumsi," pungkasnya. (*)

Dapatkan resep berbahan dasar nasi pada artikel Nasi Minyak, Makanan Enak Khas Palembang Yang Populer.


Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH