Jangan Paksa Anak Makan Sayuran, Buatlah Mereka Menyukai Perkenalkan sayur sejak usia dini pada anak-anak. (Foto: Pixabay/studioessen)

SEBAGAI orangtua tentu selalu memberikan yang terbaik untuk buah hati. Apalagi dalam hal makanan yang dikonsumsi oleh mereka. Tentu makanan yang wajib untuk pertumbuhan dan perkembangan anak adalah sayur dan buah-buahan. Namun terkadang banyak anak yang tidak menyukai sayur-mayur dan buah.

Jadi bagaimana ya cara paling tepat untuk membuat anak kita mau mengonsumsi sayur? Laman popmama menuliskan cara mudah untuk menjadikan anak menyukai sayuran.


1. Kenalkan sedini mungkin

anak-anak
Kenalkan sayuran sejak dini agar anak terbiasa dengan rasa dan aromanya. (Foto: Pixabay/Ben_Kerckx)


Saat anak mulai MPASI, Anda sudah mulai bisa mengenalkan sayur kepada anak-anak. Bunda dapat membuatkan sayuran dengan tekstur yang lembut agar mudah dikonsumi. Cara ini dilakukan untuk mengenalkan anak pada makanan padat, sekaligus membiasakan mereka dengan rasa dan aroma sayuran.


2. Rutin menyajikan sayuran

sayuran
Harus rutin menyajikan sayuran dalam setiap menu makanan. (Foto: Pixabay-Engin_Akyurt)


Agar anak menyukai sayuran, bunda harus rutin menyajikan sayuran dalam setiap menu makanan. Jadi pada waktu makan, bunda menyiapkan lauk utama, lauk tambahan dan sayur. Secara tidak langsung hal ini akan menjadi kebiasaan dan membuat mereka lebih familiar untuk memakan sayur.


3. Menciptakan resep sayur yang kreatif

sayur
Bisa mencampurnya dengan daging, tahu, dan bahan makanan lain. (Foto: Pixabay/RitaE)


Cara berikutnya adalah membuat resep sayuran yang kreatif. Bunda dapat membuat sayuran yang beragam, dengan berbagai cara seperti digoreng, direbus atau dikukus. Untuk membuat anak makan sayuran, bunda bisa mencampurnya dengan daging, tahu, dan bahan makanan lain. Tapi tetap jangan lupa bahan utamanya tetap sayur ya.


4. Buatlah kreasi menarik

sayur
Ciptakanlah sajian yang kreatif. (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)


Jika cara biasa tidak ampuh, mungkin bunda harus menyajikan sayuran dengan cara yang unik dan disukai anak. Misalnya dengan membuat makanan dengan sayuran yang berwana-warni karena biasanya anak lebih menyukai sesuatu yang colorful. Bunda bisa pula mengkreasikan sayuran dengan bentuk-bentuk lucu atau menaruhnya di wadah menarik yang disukai anak agar anak tertarik untuk memakannya.


5. Harus memberi contoh kepada anak

sayur
Orangtua harus memperlihatkan makan sayur pula. (Foto: Pexels/Stockpic)


Anak selalu mencontoh orangtuanya dalam segala hal dan makan sayur termasuk salah satunya. Semua hal di atas hanya akan menjadi omong kosong jika orangtua tidak memberikan bukti nyata pada anak. Jika orangtua ingin memperkenalkan dan membiasakan anak dengan sayuran, langkah paling penting adalah mencontohkan hal tersebut. Percayalah ketika anak melihat kamu makan sayuran dengan lahap, anak-anak juga akan menirukannya. (sam)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH