Jangan Pakai Steroid Sembarangan, Ini Alasannya

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Kamis, 18 November 2021
Jangan Pakai Steroid Sembarangan, Ini Alasannya
Menambah massa otot dengan latihan beban. (Foto: Unsplash/Dollar Gill)

BUAT kamu yang suka berolahraga, pasti tidak asing lagi dengan steroid. Ya, obat ini sering disalahgunakan untuk meningkatkan kemampuan fisik. Padahal, obat yang mengandung zat golongan steroid ini hanya boleh dikonsumsi berdasarkan resep dokter.

Steroid sering digunakan untuk meningkatkan berat badan dan massa otot tanpa meningkatkan massa lemak dalam tubuh. Para altet juga menggunakan steroid untuk meningkatkan kinerja dan memperpanjang daya tahan tubuh.

Baca juga:

Otot Makin Besar, Penggunaan Steroid Ternyata Buruk untuk Tubuh

Jangan Pakai Steroid Sembarangan, Ini Alasannya
Dokter biasanya membuat resep steroid untuk berbagai macam penyakit. (Foto: Unsplash/Sam Moqadam)

Tapi jika digunakan tanpa pengawasan medis, steroid berpotensi menimbulkan masalah, salah satunya gangguan pertumbuhan bila dikonsumsi anak-anak dan remaja. Meski dilarang digunakan, namun pesona steroid masih sering menyihir orang-orang yang ingin tampil percaya diri. Terutama mereka yang ingin memiliki tubuh berotot secara instan.

Mengutip laman WebMD, steroid dibagi menjadi dua yakni steroid anabolik yang sering disalahgunakan untuk meningkatkan performa fisik dan membesarkan otot, serta steroid kortiko yang digunakan untuk mengontrol peradangan, mengobati asma, penyakit radang usus, dan lupus.

Ahli fisioterapi Kenneth Mautner, MD dari Emory University mengatakan dokter tidak boleh meresepkan steroid untuk meningkatkan kinerja atletik seseorang.

Melansir Alodokter, zat yang terkandung di dalam steroid akan meniru sifat-sifat dari hormon testoseron. Kehadiran steroid membuat otot tetap mengalami pertumbuhan meksi hormon testoseron alami dalam tubuh tidak menghendakinya. Hal ini terjadi karena steroid memiliki kemiripan dengan hormone testoseron.

Baca juga:

Efek Samping Steroid, Anda Baru Menyadarinya Setelah Bertahun-Tahun

Jangan Pakai Steroid Sembarangan, Ini Alasannya
Lakukan latihan berbagai macam otot. (Foto: Unsplash/Ryan Hoffman)

Jika dikonsumsi dalam jangka panjang, steroid bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan. Meski sudah berhenti memakai steroid, efek yang ditimbulkan tidak serta merta hilang.

Pada pria, bahaya steroid dalam jangka panjang bisa menyebabkan kebotakan, ukuran testis menyusut, jumlah sperma menurun, payudara membesar, kemandulan, hingga gangguan prostat. Sementara itu pada perempuan adalah tumbuh bulu berlebihan di tubuh dan wajah, suara menjadi berat, pembesaran pada klitoris, hingga penyusutan ukuran payudara.

Meski punya banyak efek samping, sebetulnya steroid banyak digunakan untuk menangani berbagai penyakit. Namun, jenis yang digunakan berbeda dengan steroid yang biasanya digunakan oleh para atlet.

Kalau kamu ingin memiliki tubuh atletis, konsumsilah makanan sehat dan seimbang yang mengandung protein tinggi. Lakukan latihan untuk membentuk kelompok otot seperti bisep, trisep, dada, bahu, punggung, hingga kaki. (and)

Baca juga:

Bahaya Steroid, Masih Mau Pakai?

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan