Teknologi

Jangan Ngomel ke Customer Service Saat Internet Mati

Muchammad YaniMuchammad Yani - Rabu, 22 November 2017
Jangan Ngomel ke Customer Service Saat Internet Mati
Edward Sanusi, Direktur Operasional PT Link Net Tbk (MP/Ikhsan Digdo)

Asyik memang saat menjelajahi dunia maya. Dengan jari jemari saja sudah bisa mengetahui berbagai informasi dari rumah Anda. Seperti tempat wisata, berita dunia, dan masih banyak lagi.

Tapi pasti Anda pernah saat sedang asyik 'berselancar' tiba-tiba jaringan internet mati. Saat itu terjadi tak jarang Anda langsung pusing dan menghubungi layanan pelanggan dari provider internet yang digunakan. Bahkan tak sedikit yang langsung memarahi petugas customer service.

Nah, sebaiknya Anda bersabar, jangan langsung memarahi petugas. Pasalnya mereka sendiri belum tau gangguan apa yang sedang terjadi.

"Pada saat kabel putus tim belakang call center belum tahu ya," ujar Edward Sanusi, Direktur Operasional PT Link Net Tbk (First Media) saat ditemui di Senayan City, Jakarta Pusat, Rabu (22/11).

Menurut Edward bukan berarti pihak provider internet molor dalam menangani keluhan pelanggan. Sebab, saat jaringan internet mati tidak hanya berdampak pada satu pelanggan saja. Meskipun hanya satu kabel yang mengalami gangguan ribuan pelanggan juga mengalami kerusakan pada jaringan mereka.

"Pada saat coba telepon yang pertama kesambung, abis itu banjir (telepon). Satu kabel bisa kena belasan ribu pelanggan," tambah Edward.

Selain itu wajar memang jika internet mengalami gangguan. Provider Internet seperti First Media menggunakan kabel fiber untuk sambungan. Kabel tersebut ialah bahan yang mudah terbakar.

"Kabel fiber bahan yang mudah terbakar," tambahnya lagi.

Nah, bagi Anda yang menggunakan First Media tidak perlu khawatir. Lanjut Edward, First Media memiliki inovasi dalam menangani keluhan pelanggan. Perusahaan ini menggunakan real time alarm yang memudahkan untuk mengetahui pelanggan mana saja yang terkena dampak gangguan Internet.

"Jika ada modem mati total kita bisa tahu persis area mana aja yang kena, customer mana aja, melalui sistem kita tahu.

Untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan, First Media juga memberikan penyesuaian di bulan berikutnya jika ada pelanggan yang mengalami gangguan Internet berkepanjangan.

"Kita komit berikan adjustment bulan berikutnya," tutupnya. (*)

#Internet #First Media
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan