Jangan Ngaku Pencinta Binatang Jika Belum Lakukan Ini Banyak waktu untuk hewan peliharaan selama masa pandemi. (Foto: Pixabay/StockSnap)

HEWAN peliharaan merupakan teman hidup yang bisa menemani keseharian kita. Mereka bisa tahu bagaimana isi hati tuannya. Tetapi hewan peliharaan juga memiliki emosi yang bisa naik turun seperti manusia. Ketika memutuskan untuk memiliki hewan peliharaan, kamu harus bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan hidup serta membuatnya bahagia.

Melansir CUDDLY, banyak yang berubah selama masa pandemi termasuk jam kerja. Kalau biasanya kamu pergi ke kantor, saat ini kamu harus bekerja di rumah untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut. Waktu di rumah untuk bermain dengan hewan peliharaan pun jauh lebih banyak.

Baca juga:

Bisakah Hewan Peliharaan Terinfeksi COVID-19

Ketika melihat dirimu sibuk di depan laptop, mereka akan mencari cara agar diperhatikan termasuk mengacak isi rumah. Jika kamu tidak segera memperhatikan, mereka akan cepat bersedih lho.

Yuk sayangi hati hewan peliharaan agar mereka bahagia sepanjang waktu dengan cara berikut ini:

1. Bermain

Jangan biarkan mereka menunggu terlalu lama untuk bermain. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Bagi waktu antara bermain dan bekerja dengan hewan peliharaanmu. Mereka sangat senang ketika melihat kamu lebih banyak berada di dalam rumah. Ajak hewan peliharaan bermain disela-sela waktu istirahat bekerja. Dengan begitu, mereka pun terbiasa melihatmu sibuk #workfromhome.

2. Treats

Berikan camilan setelah mereka sabar menunggu. (Foto: Pixabay/deborahmiller56)

Tantangan selama pandemi adalah kamu harus mengajari hewan peliharaan untuk mengerti jam kerja di dalam rumah. Latih mereka untuk sabar menunggumu sampai selesai bekerja. Ketika mereka berhasil melakukannya, jangan lupa untuk memberikan treats seperti snack atau tulang kesukaannya.

3. Grooming

Berikan perawatan terbaik di dalam rumah. (Foto: Pixabay/AmandaCullingford)

Hewan peliharaan juga butuh perawatan. Selama pandemi, coba pelajari cara-cara untuk grooming hewan peliharaan sendiri di dalam rumah. Kamu bisa membeli seluruh peralatan grooming yang dibutuhkan di berbagai e-commerce. Grooming hewan peliharaan sendiri akan membuat mereka tambah sayang kepadamu.

Baca juga:

Penelitian: Hewan Peliharaan Bantu Terhindar dari Stres

4. Cuddle

Ajak mereka istirahat bersama. (Foto: Pixabay/ivoxis)

Jika ingin mengambil waktu istirahat, ajak mereka tidur bersama. Cuddle time merupakan waktu yang paling berharga untuk hewan peliharaan. Mereka akan merasakan kasih sayang yang luar biasa ketika dipeluk dan dielus dalam waktu lama.

5. Olahraga

Trivia 5 Olahraga bersama hewan peliharaan. (Foto: Pixabay/janeb13)

Walaupun #workfromhome, kamu juga pastinya butuh sedikit olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh. Cobalah untuk mengajak hewan peliharaanmu olahraga bersama seperti yoga, lari di sekitar komplek, atau sekadar melakukan permainan yang bisa membakar kalori. (mar)

Baca juga:

Ini Manfaat Punya Hewan Peliharaan


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo