Jangan Ngaku 'Gamers' Kalau Belum Nonton Film Dokumenter Spesial Ini Film Dokumenter eSport yang wajib ditonton oleh para gamers (Foto: Dialog wheel)

DIMULAI sejak berkembangnya turnamen video game elektronik (eSports), membuat beberapa laga-laga besar serta ikonik memiliki beberapa dokumenter yang membuat persepsi masyarakat dunia berubah soal bermain video game. Mulai dari yang awalnya menganggap hanya sebuah permainan, menjadi ranah yang lebih serius untuk sebuah pekerjaan bahkan kompetisi bergengsi. Lantas, film dokumenter seperti apakah yang cocok ditonton untuk para gamers? Yuk simak di bawah ini.

1. Free to Play (2014)

Jangan Ngaku Gamers Kalau Belum Nonton Film Dokumenter Spesial Ini
Poster film dokumenter Free to Play yang dimuat dalam tampilan game DotA 2 (Foto: Dota2)

Film yang bercerita tentang awal mulanya turnamen Defense of The Ancients 2 (DotA 2) dan The International series, yang digelar oleh Valve Corporation, menuai banyak review positif dan mendapatkan rating 8 dari International Movie Database (IMDB).

Mulai dari cerita terkait latar belakang pemain, hal yang membebani beberapa pemain saat turnamen berlangsung, hingga latar belakang keluarga. Film dokumenter yang menonjolkan laga berhadiah senilai 1 Juta Dollar yang merupakan hadiah pertama yang terbesar untuk sebuah turnamen video game. Membuat film Free to Play ini ditonton lebih dari 5.9 juta kali di channel YouTube Valve.

Sangat disayangkan seri Free to Play tidak berlanjut pada turnamen The International berikutnya. Akan tetapi, Valve membuat mini dokumenter terkait The International dan beberapa event tingkat Major yang diberi nama The International Archives & True Sight.

Serta belakangan ini, Valve juga mengangkat beberapa player profile dari pemain-pemain yang memiliki fans yang cukup banyak dan memiliki catatan bermain yang cukup ikonik selama ia berlaga di esports DotA 2.

2. Road to Worlds Series (2014)

Jangan Ngaku Gamers Kalau Belum Nonton Film Dokumenter Spesial Ini
Dokumenter dibalik drama serunya Worlds Championship 2014 League of Legends (Foto: LoL Esports)

Selain Valve Corporation, Riot Games pengembang dari game League of Legends (LoL) turut membuat dokumenter terkait turnamen tingkat internasional mereka yang diberi judul Road to Worlds. Seri yang mereka buat, menyoroti karakter-karakter superstar yang sangat diharapkan menjadi pemenang laga tersebut hingga drama-drama kuat yang terjadi selama turnamen.

Sorotan yang diambil merupakan latar belakang pemain hingga kesulitan-kesulitan mereka saat menempuh 'stage' yang sangat bergengsi dari keseluruhan turnamen LoL ini. Meski seri dari Road to Worlds ini tidak berlanjut pada tahun-tahun berikutnya.

Riot Games tetap membuat sekuel dokumenter dari turnamen-turnamen besar mereka serta beberapa profil pemain yang dinilai cukup ikonik selama karirnya di dunia eSports League of Legends.

3. theScore eSports (YouTube Channel)

Jangan Ngaku Gamers Kalau Belum Nonton Film Dokumenter Spesial Ini
Channel YouTube yang memberikan deretan tontonan momen-momen ikonik yang dikompilasi menjadi satu video (Foto: YouTube/theScore Esports)

Berbeda dari rekomendasi sebelumnya, jika kedua rekomendasi tersebut adalah dokumenter. Rekomendasi terakhir ini berupa Youtube Channel dimana theScore esports membuat lebih dari 2500 video yang bertemakan momen-momen ikonik dari seluruh event video game baik itu dari turnamen, drama, hingga gameplay iconic yang akan selalu diingat dalam game.

Seperti halnya keunikan yang terjadi saat seri The International, drama saat turnamen Counter Strike Global Offensive yang dibuat oleh Olofmeister, hingga cerita dibalik para Streamer Gamer yang terkenal. Tertarik untuk mencoba menonton salah satu video yang cukup populer dari channel YouTube ini? (riq)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH