Jangan Nangis di Pojokan, Ini Daftar Makanan Pereda Galau Beberapa makanan dipercaya bisa meredakan kegalauan atau suasana hati yang sedang buruk(Foto: pixabay/standpoint)

BUAT kamu-kamu yang sering ngegalau entah karena nasib buruk, masalah percintaan dan sebagainya. Ada solusi yang pas nih gengs yaitu dengan makanan.

Tahukah kamu jika manfaat makanan tak hanya untuk kesehatan tubuh? Tapi juga bisa untuk memperbaiki suasana hati yang buruk atau bad mood dan kegalauan.

Baca Juga:

Wow! Makanan Tradisional Indonesia Berikut Punya Sejarah Unik

Saat bad mood atau galau melanda, kamu cenderung mengonsumsi makanan yang tak sehat. Seperti keripik kentang permen serta minuman beralkohol. Padahal makanan dan minuman itu justru bisa memperburuk suasana hatimu.

Untuk itu, saat suasana hati sedang buruk, pilihlah makanan yang mengandung asam lemak omega-3, probiotik, serat dan protein. Termasuk asam amino triptofan, asam folat (Vitamin V9), serta berbagai jenis vitamin B lainnya. Kandungan itu bisa memperbaiki suasana hati yang buruk.

Nah, seperti yang dilansir dari laman alodokter, berikut ini beberapa makanan yang bisa memperbaiki suasana hati yang sedang buruk.

1. Oatmeal

Oatmeal bisa membuat susasana hati lebih stabil (Foto: pixabay/pexels)

Lantaran memiliki indeks glikemik yang rendah, oatmeal salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk memperbaiki suasana hati yang sedang buruk. Makanan ini akan melepaskan energi secara perlahan menuju aliran darah. Hal itu membantu gula darah serta suasana hati menjadi stabil.

Selain itu, oatmeal juga mengandung selenium, yang sangat efektif dalam menjaga suasana hati lewat pengaturan kelenjar tiroid.

2. Pisang

Pisang bisa meredakan depresi, gangguan kecemasan hingga insomnia (Foto: pixabay/ajcespedes)

Salah satu kontribusi penting dari pisang ialah asam amino triptofan dan vitamin B6. Dimana Vitamin B6 berperan dalam mendukung proses pengubahan asam amino triptofan menjadi hormon serotonin.

Zat kimia di otak itulah yang yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki suasana hati kamu. Tak ayal jika triptofan kerap digunakan sebagai suplemen guna mengatasi depresi, gangguan kecemasan hingga insomnia.

3. Telur

Telur bisa memperbaiki suasana hati dan membuat tubuh lebih bertenaga (Foto: pixabay/alexas_Fotos)

Seperti yang diketahui telur memiliki kandungan gizi yang baik, tinggi protein serta asam lemak yang penting untuk menjaga kesehatan otakmu. Menariknya, kandungan nutrisi dalam telur tersebut juga menjadikannya sebagai salah satu makanan yang baik untuk memperbaiki suasana hati. Selain itu telur pun bisa membantu tubuh kamu agar lebih bertenaga.

Baca Juga:

5 Makanan dan Minuman Sehari-hari yang Menjadi Penyebab Jerawat


4. Ikan

Ikan kaya akan omega-3 yang baik untuk meningkatkan fungsi otak (Foto: pixabay/congerdesign)

Beberapa jenis ikan seperti ikan salmon, mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk meningkatkan fungsi otak. Sebaliknya, jika kekurangan asam lemak omega-3 akan membuatmu lebih rentan mengalami suasana hati yang buruk hingga depresi. Karena itu, usahakanlah kamu selalu tercukupi dengan asupan asam lemak omega-3 setiap harinya.

5. Cokelat

Cokelat sangat ampuh untuk memperbaiki suasana hati (Foto: pixabay/alexanderstein)

Makanan yang satu ini sudah tersohor dengan khasiatnya yang bisa memperbaiki suasana hati. Menurut penelitian, mengonsumsi cokelat hitam bisa menurunkan hormon kortisol, yakni hormon yang dihasilkan tubuh dikala stres. Selain itu, sebatang cokelat pun bisa merangsang otak melepaskan hormon endorfin dan zat serotonin dalam jumlah banyak.

Nah itu dia gengs beberapa makanan pereda galau alias suasana hati yang buruk, jadi kamu tak perlu bingung lagi untuk menghadapi kegalauan, semoga bermanfaat!. (ryn)

Baca Juga:

Makanan ini Bisa Bantu Mengatasi Jet Lag

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH