Jangan Menyerah, Menjalani LDR Ternyata Baik buat Kamu Menjalani LDR bisa bermanfaat untuk kamu dan pasangan. (foto: freepik)

MENJALANI masa pacaran bisa amat menantang, terlebih jika kamu dan kekasih menjalin hubungan jarak jauh (LDR). Bagaimana tidak, pacaran berdekatan saja bisa sering berselisih paham, apalagi yang jarak jauh dan tak berjumpa tiap hari.

Namun, bagi kamu yang tengah menjalani LDR, berbahagialah karena ternyata hal itu bisa membawa manfaat buat kalian. Meski menjalani LDR kerap menguras emosimu, bertahanlah. Jangan menyerah. Ingatlah bahwa LDR yang kamu jalani ada manfaatnya loh.

1. Memberikan kesempatan untuk berkembang

LDR
Kembangkan diri saat berjauhan. (foto: pixabay/nicolagiordano)


Jika pasangan yang tak LDR kerap menghabiskan waktu dan melakukan berbagai hal bersama, tak demikian halnya dengan pasangan LDR. Namun, hal itu tak melulu berarti buruk. Dalam makna yang positif, jarak membuat kamu dan pasangan punya banyak waktu untuk mengembangkan diri. Dengan begitu, kalian pun tak saling ketergantungan.

Kamu bisa memanfaatkan waktu berjauhan itu untuk mengejar karier atau melakukan hobimu. Menjalani LDR memang membuat kamu tidak terlalu berfokus pada hubungan. Sisi positifnya, kamu bisa memperbaiki kualitas diri sendiri dan tidak menghabiskan waktu hanya untuk memikirkan pasangan.


2. Menghargai waktu yang dihabiskan bersama

LDR
Saat bersama jadi momen berharga. (foto: pixabay/stocksnap)

Karena tak selalu bersama, pasangan LDR akan sangat menghargai waktu saat bisa berjumpa. Bagi pasangan LDR, waktu yang dihabiskan bersama-sama merupakan sebuah momen yang harus dipergunakan secara maksimal.

Melepas rindu dan berbagi cerita saat jarak memisahkan jadi hal langka yang kerap sulit dilakukan karena kesibukan masing-masing. Oleh karena itu, menjalani LDR membuat kamu bisa lebih menghargai waktu.

Artikel Recherches sociologiques et anthropologiques menyebut manfaat hubungan jarak jauh justru memperkuat kedekatan emosional. Hal itu akan kamu rasakan saat waktu bertemu makin dekat. Kamu dan pasangan akan sibuk saling membayangkan dan merencanakan hal apa yang akan dilakukan. Terdengar remeh, tapi hal-hal seperti itu yang secara tak langsung mendekatkan kamu dan pasangan secara emosional.

Intinya sih, jarak mengajarkan bahwa waktu ialah hal mahal yang harus dipergunakan sebaik-baiknya.


3. Hubungan lebih kuat jika berhasil dijalani

LDR
Dengan perjuangan dan komitmen, LDR bisa berhasil. (foto: Pixabay/free-photos)


Dengan banyaknya rintangan sata LDR, kamu dan pasangan secara enggak langsung 'dipaksa' untuk selalu optimistis. Termasuk merasa optimistis bahwa kalian akan sampai di titik yang lebih serius.

Komitmen yang kalian bangun sejak awal akan cukup menjadi alasan untuk bisa optimistis menjalani hubungan LDR. Dengan perjuangan yang kalian lakukan untuk hubungan LDR, manfaat benar-benar akan kamu dapat.

Memang sih banyak yang berhenti di tengah jalan, tetapi banyak dari mereka yang merasakan perjuangan selama LDR membuahkan hasil.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH