Jangan Mengaku Hobi Makan, Jika Belum Mencoba 5 Hidangan Mie Khas Jepang ini Hidangan mie khas Jepang yang perlu kamu coba (Foto: Pixalab/Vardansevan)

MIE merupakan makan favorit banyak orang di seluruh dunia. Selain bentuknya yang khas, mie juga mudah untuk dimasak. Di Jepang, mie menjadi salah satu makanan pokok. Tidak sedikit masakan Jepang menggunakan mie sebagai bahan utama, banyak toko kecil hingga restoran mewah menyediakan makanan ini.

Sebenarnya apa saja sih hidangan mie paling terkenal dari Jepang? Untuk menjawab pertanyaan itu, di bawah ini terdapat lima hidangan mie khas Jepang yang harus kamu coba yang dilansir dari laman jpninfo.com:

1. Ramen

Jangan Mengaku Pencinta Makanan, Jika Belum Mencoba 5 Hidangan Mie Khas Jepang ini
Makanan favorit Naruto yang harus kamu coba (Foto: Pixalab/dangvan)


Ramen adalah hidangan mie dengan sup yang mulanya berasal dari Tiongkok. Mie favorit di anime Naruto ini terbuat dari tepung gandum dan disajikan dalam mangkuk dengan beberapa topping.

Beberapa topping favorit yakni Chashu (irisan daging babi), Menma (rebung), telur rebus baik setengah matang maupun matang, rumput laut, atau bakso ikan. Kecap atau miso sering digunakan dalam kuah sup untuk membuatnya lebih lezat.

Ternyata, hidangan ramen ini memiliki jenis kuah yang juga berbeda. Perbedaan tersebut terdapat pada bahan bakunya seperti Shoyu, Miso, Shio, dan Tonkotsu.

2. Soba

Jangan Mengaku Hobi Makan, Jika Belum Mencoba 5 Hidangan Mie Khas Jepang ini
Mie soba yang bisa dinikmati panas maupun dingin (Foto: jp.fotolia.com)


Mie soba terbuat dari tepung gandum dan berukuran setebal spageti. Hidangan ini bisa disajikan panas dalam kuah atau dingin dengan saus celup. Berbeda dari hidangan mie yang lain yang kadang-kadang musiman, hidangan soba ini tersedia sepanjang tahun karena gandum dapat dipanen empat kali setahun.

Soba populer di semua wilayah Jepang dan dapat dengan mudah ditemukan di banyak toko kecil dan restoran. Kamu juga bisa menemukan mie soba dalam bentuk kemasan dan dapat membelinya di supermarket, kamu pun dapat membuat sendiri sesuai dengan selera.

3. Somen

Jangan Mengaku Hobi Makan, Jika Belum Mencoba 5 Hidangan Mie Khas Jepang ini
Nagashi Somen, menangkap somen dengan bambu (Foto: jp.fotolia.com)


Mie somen terbuat dari tepung putih. Ukurannya lebih kecil dari jenis mie khas Jepang lainnya, bentuknya seperti misoa, hanya saja bentuknya lebih besar. Somen sering disajikan dingin dengan tsuyu (saus celup), biasanya hidangan mie ini disantap selama musim panas untuk membuat tubuh tetap dingin.

Ada tradisi unik di Jepang terkait dengan somen. "Nagashi Somen", atau tindakan menangkap mie somen yang mengalir di air melalui selokan bambu dengan sumpit, dan mencelupkannya ke kaldu dingin sebelum makan.

4. Udon

Jangan Mengaku Hobi Makan, Jika Belum Mencoba 5 Hidangan Mie Khas Jepang ini
Udon, mie yang bertesktur tebal dan kenyal (Foto: Pixalab/takedahrs)


Udon adalah jenis mie Jepang dengan tekstur tebal yang terbuat dari tepung gandum. Biasanya, mie ini disajikan panas dengan hidangan yang sederhana yang dikenal sebagai Kake Udon, atau kaldu rasa Kaketuyu.

Kaketuyu merupakan campuran dashi (kaldu dasar untuk semua masakan Jepang), kecap, dan telur rebus. Beberapa topping juga ditambahkan diatasnya seperti tempura, daun bawang cincang, rumput laut, dan telur rebus.

Setiap daerah memiliki cara berbeda untuk menyajikan udon, daerah dingin seperti Hokkaido sering menggunakan lebih banyak kecap dan kaldu berminyak untuk menjaga tubuh tetap hangat. Udon yang populer yang sering dibeli adalah Kari Udon, dan Tempura Udon

5. Yakisoba

Jangan Mengaku Hobi Makan, Jika Belum Mencoba 5 Hidangan Mie Khas Jepang ini
Yakisoba sekilas mirip dengan mie goreng (Foto: Pixalab/vanmachadoribeiro)


Sama seperti tiga jenis mie yang disebutkan sebelumnya, yakisoba juga terbuat dari tepung gandum. Sejarahnya sama seperti ramen, mie ini berasal dari Tiongkok dan menjadi populer di Jepang.

Hidangan mie ini bisa disajikan dengan dipanggang atau digoreng. Biasanya mie ini dicampur dengan daging, sayuran, dan disajikan dengan jahe merah. Hidangan ini bisa didapatkan dengan mudah di restoran khas Jepang ataupun saat festival kebudayaan Negeri Matahari Terbit tersebut. (sel)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH