Jangan Menelepon Berjam-Jam Bila Tak Ingin Tumor Otak Menelepon. (Foto: Pixabay)

BERBINCANG-BINCANG dengan kekasih lewat ponsel memang menyenangkan. Tanpa disadari, percakapan pun bisa sampai berjam-jam. Padahal, menelepon berjam-jam menggunakan ponsel akan membuat Anda terpapar radiasi lebih lama.

Spesialis Bedah Saraf, dr Agus C Anab, SpBS, menganjurkan Anda tak sering menelepon atau menerima telepon hingga berjam-jam lantaran berisiko memicu munculnya tumor pada otak.

"Di dalam sel, ada selaput sebenarnya dalam tubuh yang berfungsi sebagai angkatan bersenjata menekan gen tak normal. Semetara jika ada tumor, maka dia menekan. Gen tak normal salah satunya karena radiasi handphone," ujar spesialis bedah saraf dari Comprehensive Brain and Spine Centre Surabaya, dr.Agus C. Anab, SpBS, seperti dikutip ANTARA.

Kalaupun menelepon dalam waktu lama sebaiknya menggunakan earphone atau mengaktifkan speaker dari ponsel sehingga gawai tidak bersentuhan dengan telinga. "Gunakan headset, loudspeaker, atau agak jauhkan handphone saat menelepon," saran Agus.

Namun, Anda juga tidak disarankan terlalu sering memakai headset atau earphone sesuka hati karena dapat memicu gangguan pendengaran. (*)

Baca juga artikel lain mengenai ponsel, Akibat Fatal Penggunaan Ponsel yang Berlebihan.



Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH