Jangan Mau Dikibuli, Kenaikan Cukai Rokok Tidak Pengaruhi PHK

Eddy FloEddy Flo - Jumat, 28 Juli 2017
Jangan Mau Dikibuli, Kenaikan Cukai Rokok Tidak Pengaruhi PHK
Petani menyiram tanaman tembakau usia 40 hari di Desa Polagan, Galis, Pamekasan, Jawa Timur (ANTARA FOTO/Saiful Bahri)

MerahPutih.Com - Komisi Nasional Pengendalian Tembakau (Komnas PT) mengatakan kenaikan cukai tidak berakibat menurunnya produksi rokok di Indonesia tapi berdampak pada pemutusan hubungan kerja (PHK) buruh serta pada petani.

Hal itu menanggapi pernyataan beberapa pihak tentang kenaikan cukai akan berdampak pada pemutusan kerja pada buruh.

"Buruh dan petani selalu saja diperalat. Faktanya, produksi rokok industri besar dalam lima tahun terakhir tetap tinggi, tetapi jumlah karyawan menurun.," kata Anggota Dewan Penasihat Komnas Pengendalian Tembakau, Prof. Hasbullah Thabrany melalui siaran persnya yang diterima Antara di Jakarta, Jumat (28/7).

Hasbullah Thabrany mengatakan perusahaan rokok telah menggunakan mesin yang canggih sehingga volume penjualan dan laba bersih terus naik, meskipun cukai rokok mesin ini sudah mencapai 56 persen dari harga.

Sementara, rokok linting tangan yang cukainya cuma sekitar 40 persen dari harga, tidak berkembang dan banyak mengalami PHK, bukan karena cukai, tetapi karena mereka kalah bersaing dengan perusahaan besar. Dia mengimbau federasi buruh dan petani agar membuka mata dan mempelajari baik-baik masalah ini.

"Jangan sampai industri terus-terusan memperalat mereka sebagai 'senjata' untuk menjatuhkan upaya-upaya pengendalian tembakau yang bertujuan melindungi masyarakat, termasuk buruh dan petani sendiri," kata dia.

Cukai rokok adalah salah satu instrumen kebijakan pengendalian atas konsumsi rokok di Tanah Air, termasuk instrumen kesehatan sebagai alat perlindungan masyarakat dari bahaya rokok. Perokok tak berhenti Zat adiktif dalam rokok mengakibatkan permintaan terhadap produk ini inelastik, artinya perokok tidak akan berhenti membeli rokok dengan perubahan harga yang sangat kecil.

Indonesia adalah negara dengan tingkat konsumsi rokok tertinggi.

Perilaku merokok penduduk 15 tahun ke atas masih belum terjadi penurunan dari 2007 sampai 2013,bahkan malahan cenderung meningkat dari 34,2 persen tahun 2007 menjadi 36,3 persen tahun 2013. Sebanyak 64,9 persen laki-laki dan 2,1 persen perempuan masih menghisap rokok pada tahun 2013.Sedangkan rerata jumlah batang rokok yang dihisap adalah sekitar 12,3 batang (Riskesdas, 2013).

Indonesia juga merupakan negara terbesar keempat tertinggi konsumsi rokok per orang (Tobacco Atlas, 2014). Usia mulai merokok di Indonesia makin muda. Ditemukan 1,4 persen perokok umur 10-14 tahun.

Tingginya jumlah perokok di Indonesia salah satu penyebabnya adalah harga rokok yang masih sangat terjangkau oleh masyarakat miskin dan anak-anak.Tren kenaikan cukai di Indonesia masih rendah dibandingkan dengan negara lainnya.(*)

Sumber: ANTARA

#Cukai Rokok #Cukai Rokok Naik #Petani Tembakau
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan