Jangan Malas Jaga Kesehatan Telinga Jagalah kesehatan telinga kamu. (Foto: Pixabay/Gromovataya)

TELINGA adalah bagian tubuh yang harus diperhatikan kesehatannya. Banyak orang lalai atau bahkan kurang peduli dengan kesehatan telinga. Padahal, jika telinga kurang dirawat akan terjadi gangguan pada keseimbangan tubuh.

Merawat dan memperhatikan kebersihan telinga penting dilakukan untuk mencegah berbagai masalah pada telinga, seperti infeksi, telinga berdenging, hingga gangguan pendengaran, bahkan tuli mendadak. Selain gangguan pendengaran, juga bisa menganggu keseimbangan tubuh berupa vertigo. Dilansir dari laman Alodokter, berikut lima cara untuk menjaga kesehatan telinga.


Baca Juga:

Menghilangkan Tekanan udara pada Telinga di Dalam Pesawat

1. Mengorek telinga

telinga
Bersihkan telinga sebaiknya hati-hati. (Foto: Mental Floss)

Pernahkah kamu menemukan kotoran ketika sedang mengorek telinga? Ya, kotoran tersebut biasanya berada di liang telinga. Kadang sering terjadi penumpukan kotoran telinga yang membuat telinga terasa gatal. Banyak orang mengatasinya dengan menggunakan cotton bud, penjepit kertas, atau penjepit rambut. Kebiasaan ini justru dapat melukai telinga dan membuat kotoran telinga masuk lebih dalam. Jika kotoran telinga sudah menumpuk dan membuat pendengaranmu terganggu, sebaiknya kunjungi dokter THT.

2. Suara keras

telinga
Mengurangi pemakaian headset yang terlalu lama. (Foto: Frontiers Blog)

Kamu gemar mendengarkan musik menggunakan headset? Sebaiknya kurangi durasi penggunaan headset. Hindari menggunakan headset selama satu jam secara terus menerus. Beri waktu telinga untuk beristirahat selama lima menit. Volumenya pun juga perlu diperhatikan. Atur volume yang sesuai dan tidak terlalu keras. Jika kamu berada di lingkungan yang bising, disarankan untuk menggunakan earplug agar terhindar dari gangguan pendengaran.

3. Ear candle

telinga
Ear candle berbahaya bagi telinga. (Foto: DHgate)

Ear candle menjadi salah satu metode alternatif yang cukup populer di Indonesia. Faktanya, para dokter tidak menyarankan untuk melakukan metode ini. Cara ini tidak terbukti efektif untuk membersihkan telinga dan tidak memiliki manfaat yang jelas. Penggunaan ear candle justru berbahaya bagi telinga karena bisa menyebabkan cidera pada telinga atau terbakar.


Baca Juga:

Bila Menggunakan 'Headset', Bersihkan dong!

4. Menjaga telinga tetap kering

telinga
Gunakan penyumbat telinga ketika sedang berenang. (Foto: Medical News Today)

Jika kondisi telingamu basah, besar kemungkinan bakteri dan jamur berkembang biak di dalam telinga. Hal ini dapat menyebabkan infeksi pada telinga. Ketika kamu melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air, disarankan untuk menggunakan penyumbat telinga untuk mencegah air masuk ke dalam telinga. Jangan lupa untuk mengeringkan telinga yang basah tersebut dengan handuk yang bersih dan kering.


5. Periksa telinga secara rutin

telinga
Periksa telinga secara rutin. (Foto: Medical News Today)

Tak cukup dengan menjaga telinga agar tetap bersih. Kamu juga harus rajin memeriksa telinga ke dokter THT untuk tetap menjaga kesehatan telinga dan mendeteksi gangguan pada telinga. Melalui pemeriksaan, tanda atau gejala penyakit telinga dapat terdeteksi sejak dini dan mendapat tindakan penanganan. Kamu bisa memeriksa kesehatan telinga ke dokter THT setiap tiga sampai lima bulan sekali. (And)

Baca Juga:

Modal Permen Karet Kamu Bisa Mendapatkan Manfaat Kesehatan Luar Biasa


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH