Kesehatan

Jangan Main-Main dengan Gejala Sakit Perut Sebelah Kanan!

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 08 Mei 2018
Jangan Main-Main dengan Gejala Sakit Perut Sebelah Kanan!
Waspadai gejala sakit perut sebelah kanan. (Foto: uthscsa)

SAKIT perut sebelah kanan jangan pernah dianggap enteng. Menurut laman Go-Dok dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan yang sangat buruk.

Ketika perut sebelah kanan terasa sakit, biasanya orang hanya menganggapnya sebagai masuk angin atau gangguan pencernaan lainnya. Tapi yang sebenarnya tubuh mengirimkan sinyal ada yang tidak beres pada organ bagian dalam.

Memang perut sebelah kanan masih menjadi bagian dari sistem pencernaan. Sakit pada bagian ini harus diwaspadai. Yang umumnya sakit perut sebelah kanan berhubungan dengan peradangan pada usus buntu. Tapi bukan hanya itu saja, ada gangguan kesehatan dengan gejala seperti itu.

Simak gangguan yang disinyalkan dengan sakit perut sebelah kanan yang dituliskan dalam laman Go-Dok.

sakit perut
Sakit perut sebelah kanan pada perempuan harus lebih diwaspadai. (Foto: videoblocks)


Usus Buntu

Gejala ini sangat umum dikenal orang sebagai gangguan yang terjadi pada usus buntu. Biasanya, rasa sakit ini juga diiringi dengan demam ringan, kembung dan diare. Rasa sakit akan meningkat ketika pengidapnya batuk, bersin atau menarik nafas dalam-dalam.

Berdasarkan catatan National Institutes of Health sebagaimana dimuat dalam Go-Dok, bahwa operasi terbanyak pada bagian perut di Amerika disebabkan oleh usus buntu.

Jangan pernah anggap enteng sakit pada usus buntu ini. Segera mencari bantuan medis untuk penaganan lebih lanjut. Jika usus buntu ini pecah akan berakibat pada masalah yang lebih buruk lagi.

dokter
Segera konsultasi ke dokter bila sakit perut sebelah kanan berlebihan. (Foto: healthtap)


Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan endapan mineral yang mengeras. Selama berada di dalam ginjal seseorang tidak pernah tahu ada endapan itu. Namun bila sudah berjalan memasuki saluran antara ginjal dan saluran kemih, pengidapnya baru akan merasakan sakit dan ngilu yang amat sangat.

Bila terdeteksi sakit seperti itu, sebaiknya mencari pertolongan medis untuk mengupayakan penanggulangannya. Jangan biarkan batu ginjal berada lama di dalam organ kamu. Dampaknya sangat buruk membuat pengidapnya gagal ginjal. Bila sudah terjadi memaksa penderitanya melakukan tahapan cuci darah.


Kista Rahim

Yang satu ini harus diwaspadai oleh kaum perempuan. Sebab sakit perut seperti ini beragam mulai dari kram karena menstruasi atau memang ada kista rahim. Bila memang terjadi gangguan yang lebih dari biasanya, maka kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter untuk menanggulanginya. Apalagi kista rahim tak dapat dianggap enteng. Kista rahim dapat mengarah pada perkembangan tumor dan kanker.

Masih menganggap enteng sakit perut sebelah kanan? Sebaiknya berpikir dua kali deh! Gejala ini bukan sekedar sakit namun sinyal adanya gangguan kesehatan serius. (*)

#Gagal Ginjal #Sakit
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan