Ramadan 2021

Jangan Mager. Ini Manfaat Olahraga Selama Berpuasa

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 13 April 2021
Jangan Mager. Ini Manfaat Olahraga Selama Berpuasa
Olahraga saat puasa punya banyak manfaat. (Foto: Unsplash/Jonathan Borba)

SUPAYA tubuh tetap fit selama puasa, kamu bisa mencoba olahraga ringan yang enggak harus menguras tenaga. Olahraga selama bulan suci ini juga memiliki banyak manfaat. Tidak hanya menyehatkan tapi juga bisa mengusir rasa malas dan kantuk selama menjalani ibadah puasa. Terutama jika kamu adalah orang yang tetap aktif bekerja selama bulan Ramadan, penting melatih kebugaran tubuh supaya bisa tetap produktif dan sehat.

Melakukan olahraga itu sama pentingnya dengan makan dan minum. Jika kamu seseorang yang rutin olahraga, lalu berhenti ketika bulan puasa, maka dampaknya akan buruk bagi kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu penurunan fungsi jantung serta gangguan pada aliran darah.

Baca Juga:

5 Rekomendasi Makanan untuk Sahur, Puasa Dijamin Lancar

Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu tetap aktif berolahraga meski sedang menjalani puasa. Melansir beberapa sumber, berikut ini manfaat olahraga ketika berpuasa.

1. Lancarkan metabolisme

puasa
Jangan berhenti olahraga meskipun di bulan puasa. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Kata ahli, tubuh harus tetap dijaga dan dilatih agar tetap aktif bergerak. Salah satu tujuannya agar metabolisme tetap berjalan dengan optimal, sehingga tubuh tetap dalam kondisi fit. Yang perlu diketahui, bila kamu memilih untuk berhenti total berolahraga saat puasa, justru bisa menyebabkan berbagai perubahan yang signifikan pada otot, metabolisme, dan hormonal tubuh. Maka penting sekali menyempatkan sedikit waktu untuk berolahraga, supaya metabolisme tubuh lancar.

2. Usir malas dan kantuk

mager
Hilangkan rasa malas dan kantuk. (Foto: Unsplash/miikka)

Tidak mendapatkan asupan nutrisi serta vitamin dalam waktu yang cukup lama dapat membuat kamu cepat mengantuk dan malas. Dengan berolahraga pada saat puasa mampu menghindarkan kamu dari kondisi malas dan mengantuk. Aktivitas fisik yang dilakukan dapat mengubah lemak tubuh menjadi glukosa yang mengusir rasa lelah dan kantuk.

3. Turunkan berat badan

mager
Bisa bantu turunkan berat badan (Foto: Unsplash/Yunmai)

Terkadang ketika berbuka puasa, kamu tidak bisa mengontrol makanan yang dikonsumsi karena rasa lapar dan haus yang menggebu. Dengan melakukan olahraga, tentu makanan yang kamu konsumsi lebih mudah dijadikan energi melalui pembakaran bahkan bisa menurunkan berat badan secara perlahan. Jika kamu sedang menjalani diet, olahraga saat berpuasa tentu akan sangat membantu mempercepat penurunan berat badan.

Baca Juga:

Ramadan, Menjadi Lebih 'Hijau' dalam 30 Hari

4. Kurangi depresi

mager
Bisa mengurangi depresi (Foto: Unsplash/Defrancisco Gonzalez)

Depresi terkadang datang di saat berpuasa lantaran kalian terus merasakan dan memikirkan lapar dan haus yang melanda. Belum lagi ditambah memikirkan yang lain, seperti deadline tugas, cicilan, dan lain sebagainya. Dengan berolahraga mampu mengurangi hal tersebut. Kegiatan mengeluarkan keringat ini menyibukkanmu dan membuat lupa waktu. Alhasil, waktu berpuasa pun tidak terasa. Tapi jangan sampai batal puasa gara-gara haus ya! Atur waktu yang cocok untuk berolahraga. Biasanya satu jam menjelang magrib adalah waktu yang tepat untuk berolahraga, jadi setelah olahraga kamu bisa langsung menyantap makanan dan minuman.

5. Awet muda

mager
Olahraga bikin awet muda. (Foto: Unsplash/Olia Nayda)

Perlu kamu ketahui ketika berpuasa, produksi hormon insulinmu akan beroperasi dengan cara berbeda. Ketika kamu makan sebelum berolahraga, hormon insulinmu akan naik dan meningkatkan produksi lemak. Jadi ketika kamu berolahraga dengan kondisi setelah makan, energi yang kamu kerahkan tidak digunakan untuk menambah massa otot, melainkan membakar lemak dalam tubuh. Itulah kenapa berolahraga sambil berpuasa lebih cepat menambah massa otot.

Bertambahnya massa otot juga baik terhadap penampilanmu. Itu membuat kulitmu makin kencang dan memberikanmu tampilan yang lebih muda. Tak hanya itu saja, serat ototmu juga terus muda yang berarti meningkatkan tingkat energi bagi pria maupun wanita. (ans)

Baca Juga:

Tipikal Anak Bukber di Tongkrongan

#Ramadan #Bulan Ramadan #Puasa #Manfaat Puasa
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan