Jangan Lupa Bawa Obat Kumur saat Melancong, Manfaatnya Banyak Banget Obat kumur menjaga kesehetan mulut kamu (Foto: Pixabay/Kreatikar)

MUNGKIN kamu tidak pernah terpikir membawa obat kumur saat melancong. Yang terpikir hanya pakaian, perlengkapan gawai, hingga dokumen perjalanan lainnya. Padahal, obat kumur akan memiliki beberapa manfaat saat kamu tiba di tempat wisata tujuan.

Menurut Go Dok, obat kumur terbagi menjadi dua macam. Yaitu, obat kumur kosmetik dan terapeutik. Keduanya memiliki manfaat yang berbeda.

Obat kumur kosmetik tidak mengandung bahan kimiawi. Jadi sifatnya hanya kontemporer atau sementara. Obat kumur kosmetik berfungsi untuk mengontrol bau mulut tak sedap. Karena obat kumur ini dapat membunuh bakteri penyebab bau pada mulut.

Sementara itu, obat kumur terapeutik memiliki bahan aktif yang terdiri dari etylpyridinium chloride, minyak esensial, fluoride, dan peroxide. Bahan ini dapat mengatasi atau mengurangi kondisi bau mulut tak sedap. Selain itu, obat kumur jenis ini juga dapat mengatasi gingivitis, plak, dan masalah kerusakan gigi.

Obat kumur dapat mengatasi bau mulut. (Foto: Pixabay/Ivanovgood)

Jadi apa saja fungsi obat kumur secara keseluruhan? Pertama obat kumur dapat mencegah penumpukan plak pada gusi di antara gigi dan permukaan gigi saat disikat. Meskipun begitu, tetap saja obat kumur enggak bisa mengurangi plak yang sudah ada pada gigi. Sehingga kamu harus tetap rajin menyikat gigi secara teratur.

Obat kumur yang mengandung flouride juga bisa mengurangi gigi berlubang. Banyak penelitian yang menemkan bahwa fluoride memiliki peranan penting dalam menurunkan demineralisasi dan lubang pada gigi.

Oleh karena itu, tidak mengherankan juga kalau obat kumur dapat melawan penyakit gusi. Contoh penyakit gusi ialah penyakit periodontal seperti radang gusi. Kondisi ini dapat membuat gusi dan dudukan gigi membengkak atau terinfeksi karena plak dari bakteri dan makanan yang menempel pada gigi.

Kamu yang suka sariawan sebaiknya juga menggunakan obat kumur. Sebab, obat kumur dapat bekerja dengan mendetoksifikasi area mulut yang mengalami sariawan. Jadi obat kumur akan mengurangi jumlah bakteri yang dapat mengiritasi bagian yang terkena sariawan.

Ibu hamil juga bisa memanfaatkan obat kumur. (Foto:Pixabay/Pexels)

Yang tidak disangka, obat kumur memiliki manfaat untuk ibu-ibu hamil. Penyakit periodontal ialah faktor risiko dari kelahiran prematur dan bayi dengan berat di bawah normal. Penyebabnya karena bakteri dari infeksi gusi dapat menyusup ke peredaran darah ibu hamil dan meningkatkan pembengkakan yang dapat menstimulasi kontraksi.

Penelitian terbaru yang diterbitkan di American Journal of Obstetrics and Gynecology menemukan ibu hamil yang rajin berkumur dengan obat kumur memiliki risiko lebih kecil melahirkan dalam keadaan prematur.

Lebih mengejutkannya obat kumur juga bisa memutihkan gigi walaupun tidak seefektif perawatan yang dilakukan dokter gigi. Tapi jika dipakai terus menerus akan memberikan efek memutihkan pada gigi. Jika memang niat kamu ialah memutihkan gigi, cari obat kumur dengan kandungan carbamide peroxide.

Sahabat Merah Putih, jangan lupa bawa obat kumur saat melancong ya. Kamu bisa menggunakannya di penginapan saat sebelum tidur. (ikh)

Baca juga: Tiga Hal Penting untuk Dihindari Agar Gigi Sehat

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH