Jangan Lupa Bawa Kartu BPJS Kesehatan, Selama Mudik Bebas Aturan Domisili Aplikasi mobile BPJS Kesehatan. Foto: Antara

MerahPutih.com - Para pemudik diingatkan untuk tidak lupa membawa kartu perserta BPJS Kesehatan sebagai antisipasi tetap mendapat pelayanan kesehatan gratis bila sakit di kampung halaman.

Selama musim mudik, BPJS Kesehatan memberikan fasilitas berupa pelayanan di seluruh Indonesia. Artinya kartu BPJS yang biasanya hanya bisa digunakan di domisili bisa digunakan di setiap tempat.

"BPJS Kesehatan memastikan peserta JKN-KIS yang melaksanakan mudik mendapatkan jaminan atau akses finansial ke fasilitas kesehatan apabila dibutuhkan," kata Kepala cabang BPJS Gorontalo, Rendra Pandu Patria, Sabtu (9/6).

Cek Info di Aplikasi Mobile

BPJS Kesehatan

Menurut Rendra, jaminan pelayanan kesehatan ini hanya berlaku bagi peserta BPJS Kesehatan yang status kartunya masih aktif. Untuk mengecek iuran peserta dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN.

"Dalam Mobile JKN peserta juga dapat melihat daftar fasilitas kesehatan terdekat yang bisa dikunjungi saat membutuhkan pelayanan," kata dia.

Untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga telah meluncurkan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

"Aplikasi itu menyediakan nomor telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab, informasi, tips dan lokasi-lokasi penting serta media sosial kami," tutur dia, dikutip Antara.

Buka 126 Kantor Cabang

BPJS Kesehatan
Kantor BPJS Kesehatan. Foto: Antara

BPJS Kesehatan juga membuka sebanyak 126 kantor cabang untuk memudahkan peserta melakukan aktivitas seperti informasi hingga pembayaran. Kantor cabang ini beroperasi dari jam 8 pagi hingga 12 siang. Di luar jam itu, pemegang kartu BPJS Kesehatan bisa menghubungi call center yang beroperasi selama 24 jam.

"Jadi memberikan pelayanan berupa informasi melalui apa, melalui info mudik dan call center lalu juga memberikan layanan bagi orang yang membutuhkan jaminan atau aktivasi atau pembayaran kewajiban yang harus dilaksanakan pas waktu libur," kata Direktur Pelayanan dan Perluasan Peserta BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari.

Tak hanya itu, terdapat delapan posko BPJS kesehatan di sepanjang jalur mudik selama delapan hari sebelum Lebaran hingga delapan hari setelah Lebaran. "Ada posko kesehatan juga di delapan lokasi, seperti Bali, Solo, Jakarta, Serang, Tangerang di rest area," tandas petinggi BPJS Kesehatan itu. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH