Jangan Lihat Hitamnya, Jagung Hitam dapat Obati Diabetes Jagung hitam yang penuh antioksidan. (Foto: Pixabay/Amykins)

MELIHAT jagung berwarna hitam, orang-orang masih tidak percaya. Jagung ini benar-benar ada dan bermanfaat. Jagung hitam populer di tahun 2012, jagung ini memang sangat layak diperbincangkan karena khasiatnya yang banyak.

Melansir dari drhealthbenefits.com, warna hitam itu disebabkan oleh kandungan antioksidan. Pada dasarnya meskipun memiliki warna yang berbeda dengan jagung kuning, manfaatnya hampir sama. Tetapi jagung hitam memiliki fakta-fakta menarik seputar kesehatan. Penasaran ada apa saja di balik jagung yang biasa disebut jagung aztek ini?

Baca Juga: Tren Makanan Sehat Kekinian yang Digemari Generasi Z

1. Meningkatkan Sistem Imun

jagung
Meningkatkan sistem imun (Foto: Pixabay/Qimono)


Jagung hitam ternyata memiliki kandungan mineral dan zinc yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sistem imun. Jika imun dalam tubuh dapat dijaga, kamu akan semakin jarang sakit karena imun berguna untuk melawan bakteri dan penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

2. Mengobati Diabetes

jagung
Mengobati diabetes (Foto: Pixabay/Stevepb)


Kandungan gula di dalam jagung hitam sangat sedikit sehingga dapat menjaga kadar gula dalam darah untuk selalu stabil. Sehingga bagi kamu penderita diabetes disarankan untuk mengkonsumsi jagung hitam guna menambah asupan energi tanpa menaikan kadar gula dalam darah.


Baca Juga: Ngidam Makanan Manis saat Stres, ini Alasannya


3. Tinggi Protein

jagung
Tinggi protein (Foto: Pixabay/Lukaszdylka)


Jika kamu membutuhkan banyak protein yang rendah lemak, jagung hitam bisa dijadikan pilihan asupan gizi dalam program dietmu. Jagung hitam ternyata memiliki kandungan protein 20% lebih tinggi dibanding jagung kuning yang biasa kamu konsumsi. Selain tinggi protein, di dalam jagung hitam terdapat asam amino tinggi yang dapat membantu meningkatkan massa otot.

4. Tinggi Antioksidan

jagung
Bermanfaat untuk kesehatan kulit. (Foto: Pixabay/StockSnap)

Kini semakin banyak orang yang menyadari betapa pentingnya asupan antioksidan untuk tubuh. Antioksidan berfungsi untuk mengencangkan dan menutrisi kulit dari dalam sehingga kulit akan senantiasa kencang dan sehat. Banyak orang yang mencari asupan gizi yang tinggi antioksidan untuk kesehatan kulitnya. Bukan hanya itu, antioksidan juga dipercaya mampu membunuh sel radikal penyebab kanker di dalam tubuh. Selain rasanya yang enak dan cocok untuk banyak hidangan ternyata jagung hitam memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Tertarik untuk mencoba? (mar)

Baca Juga: Ini Trik Cerdik Perusahaan "Sembunyikan" Kandungan Gula pada Produk Makanan


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH