Jangan Lakukan ini Saat Bermain Game Online Bermain game online sebaiknya tetap memegang etika. (Foto: Unsplash/Eddy Billard)

BERMAIN game online adalah suatu kegiatan yang mengasyikkan. Dalam aktivitas ini kita dapat bertemu, berkumpul, membentuk strategi bersam teman untuk memenangkan permainan.

Namun bermain bersama teman tentunya memerlukan komunikasi dan pengamatan yang baik. Karena dalam game online musuh yang kita hadapi bukanlah bot (robot) atau AI (artificial intelligence).


Baca Juga:

Bandai Rilis Master Grade Extreme Unicorn Gundam di Ulang Tahun ke-40 GunPla


Dalam bermain tentunya terdapat beberapa aturan agar permainan dapat berjalan dengan baik dan sportif. Untuk menciptakan suasana seru dalam game online ada beberapa aturan agar masing-masing pemain diuntungkan. Berikut ini adalah 4 sikap yang tidak boleh kamu lakukan saat bermain game online.

1. Berkata kasar

game
Jangan berkata kasar yang tidak mengenakan pemain lainnya. (Foto; Pexels/JESHOOTScom)

Berkata kasar adalah sikap yang harus dihindari. Selain merugikan orang lain juga diri sendiri. Dampak berkata kasar membuat komunikasi berjalan tidak baik. Membuat orang lain tersinggung bahkan bisa tidak diajak ikutan main lagi.


2. Jangan merugikan orang lain

game
Jangan melaporkan sesuatu yang merugikan orang lain. (Foto: Unsplash/Joao Ferrao)

Beberapa game android moba memiliki pilihan pelaporan yang dapat menurunkan poin positif seseorang dalam bermain. Game seperti AOV, ML, FF, PUBG atau Battle Royale memiliki banyak pemain, agar permainan bernilai tinggi, pengelola game memiliki saluran pelaporan. Tujuannya adalah pemain lain dapat melapor jika ada pemain yang tidak bermain secara baik. Maka poin mereka akan dikurangi, ini dapat merugikan akun dari pemilik tersebut.


Baca Juga:

Pajak Gim Daring Sebesar 10%


3. Meninggalkan permainan

game
Meninggalkan permainan begitu saja sama merugikan pemain lainnya. (Foto: Pexels/Soumil Kumar)

Pergi dari permainan merupakan pelanggaran yang sangat tidak baik. Jika keluar dari permainan secara tiba-tiba dapat merugikan pemain lain yang masih berada dalam game. Ganjaran yang akan didapat ketika keluar dari permainan adalah berkurangnya poin bermain bahkan ada yang diblokir sementara.


4. Curang

game
Bermain dengan jujur akan memperpanjang keseruan. (Foto: Pexels/Pixabay)

Curang adalah tindakan yang tak termaafkan. Jika seorang gamer ketahuan melakukan kecurangan maka dirinya sendiri yang harus menanggung akibatnya. Akun gamer itu akan diblokir oleh pengelola game. (joe)


Baca Juga:

MediaTek Luncurkan Chipset Gaming Helio G35 dan G25



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH