Jangan Konsumsi Makanan Ini Usai Berolahraga Steak salah satu makanan yang menjadi panjangan (Foto: Boldsky)

APAKAH kamu seseorang yang rajn berolahraga secara teratur? Jika ya, maka ada makanan tertentu yang tidak boleh kamu makan setelah sesi olahraga. Bukan rahasia lagi bahwa memiliki rutinitas olahraga yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan kita.

Alasannya cukup sederhana. Makanan pasca-olahraga diperlukan untuk memulihkan energi, membangun serta memperbaiki jaringan otot yang robek dan meningkatkan metabolisme. Jika asal pilih makanan, maka kamu malah tak banyak dapat manfaat dan merusak semua kerja keras kamu saat berolahraga. Dalam jangka panjang, makan sembarangan setelah berolahraga akan merusak kesehatan.

Dilansir dari Boldsky, berikut ini makanan yang harus dihindari setelah berolahraga.

Baca juga:

Agar Kamu Tak Pingsan Saat Diet

1. Makanan pedas

Makanan pedas (Foto: Boldsky)
Makanan pedas (Foto: Boldsky)

Setelah sesi latihan yang cukup bagus, kamu mungkin akan mencari camilan untuk dimakan. Sebenarnya sah-sah saja. Namun hindari camilan pedas karena berdampak buruk bagi kesehatan. Tubuh kamu masih dalam proses pemulihan setelah latihan dan makanan pedas dapat memperlambat proses itu.


2. Soda

Minuman bersoda (Foto: Boldsky)
Minuman bersoda (Foto: Boldsky)


Minuman bersoda dapat memuaskan dahaga, tetapi tidak akan melembabkan tubuh, yang paling kamu butuhkan setelah sesi latihan. Minum soda setelah berolahraga dapat membuat kamu kembung. Oleh karena itu minuman bersoda merupakan salah satu jenis makanan utama yang harus dihindari setelah berolahraga.

Baca juga:

Bagaimana Orang Buta Bermimpi?

3. Makanan berprotein tinggi

Steak ada;ah salah satu makanan berprotein tinggi (Foto: Boldsky)
Steak ada;ah salah satu makanan berprotein tinggi (Foto: Boldsky)

Alasannya sama seperti mengonsumsi makanan pedas. Mereka sangat sulit untuk dicerna dan tidak akan memberikan perutmu istirahat setelah berolahraga. Hidangan daging berat seperti steak dengan terlalu banyak saus, rempah-rempah dan minyak harus dihindari setelah berolahraga, karena dapat memperlambat metabolisme

4. Makanan berlemak

Makanan berlemak dilarang (Foto: Boldsky)
Makanan berlemak dilarang (Foto: Boldsky)


Segala sesuatu dari minyak, biji-bijian, makanan yang digoreng sampai kacang harus dihindari. Makanan berlemak dapat memperlambat proses pencernaan dan karenanya tidak dapat mengisi kembali tubuh dengan nutrisi penting yang dibutuhkan.


5. Sayuran mentah

Sayuran mentah (Fot0: Boldsky)
Sayuran mentah (Fot0: Boldsky)


Walaupun sayuran mentah secara alami baik untuk kesehatan, memakannya setelah berolahraga bukanlah pilihan yang baik. Setelah latihan, tubuh sangat perlu mengisi kembali dirinya dengan nutrisi penting, mineral dan vitamin. Sayuran mentah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh kamu.

Baca juga:

5 Makanan Bisa Bikin Tidur Nyenyak! Apa Saja?


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH