Jangan Keliru, Kamu Tak Butuh Masker untuk Terhindar dari Corona

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Selasa, 03 Maret 2020
Jangan Keliru, Kamu Tak Butuh Masker untuk Terhindar dari Corona
Masker tidak dapat mencegah virus Corona (Foto: Antara/FB Anggoro)

WABAH virus Corona (COVID-19) kini telah menyebar di Indonesia, Presiden Joko Widodo telah memastikan bahwa dua orang Indonesia telah dinyatakan positif terjangkit virus Corona. Melihat fenomena ini tentunya membuat masyarakat Indonesia menjadi panik dan terlihat semakin banyak orang yang berkeliaran menggunakan masker untuk menghindari tertular virus Corona.

Baca juga:

Di Tengah Kepanikan Virus Corona, Ini Alasan Kamu Tak Perlu Beli Masker

Hal ini merupakan respon alami manusia untuk tetap menjaga dirinya agar terhindar dari virus tersebut. Pertanyaannya adalah, apakah semua orang memang membutuhkan masker untuk terhindar dari virus Corona?

Melansir laman Forbes, menurut Eli Perencevich, MD, seorang profesor obat penyakit dalam dan epidemiologi serta spesialis pencegahan infeksi di Universitas Iowa Fakultas Kedokteran, Amerika Serikat, bagi kamu yang tidak terjangkit virus Corona atau penyakit lainnya tidak membutuhkan atau tidak perlu memakai masker.

Jangan Keliru, Kamu Tak Butuh Masker untuk Terhindar dari Corona
Dr. Eli Perencevich seorang ahli obat penyakit dalam dan spesialis pencegahan infeksi (Foto: YouTube/University of Iowa Research)

Dr. Perencevich juga mengatakan, tidak ada bukti yang kuat bahwa memakai masker pada orang yang sehat akan melindungi mereka dari virus Corona. Bahkan, jika penggunaan masker yang salah dapat meningkatkan risiko infeksi karena akan lebih sering menyentuh wajah mereka sendiri.

Tak hanya itu, Dr. Perencevich juga menegaskan bahwa virus Corona tidak dapat menular melalui udara melainkan melalui tetesan cairan tubuh. Untuk itu, profesor yang juga lulusan sekolah kedokteran Harvard ini menyarankan, gunakanlah masker jika kamu sedang flu atau merasa memiliki ciri-ciri terjangkit virus Corona untuk melindungi orang lain dan orang yang kamu sayangi.

Baca juga:

Waspada Corona! Minum Jahe Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Meskipun begitu, kebanyakan orang panik dengan adanya wabah virus corona yang membuat mereka kalap untuk membeli masker. Sehingga banyak orang yang menimbun masker dan menjadi penjual masker beserta hand sanitizer dadakan yang dijual dengan harga yang lebih tinggi. Melansir laman Antaranews, menyikapi masker yang dijadikan ladang penghasil uang, Tim Siber Polda Metro Jaya akan turun langsung untuk mengawasi adanya penimbunan masker yang dijual secara online.

Jangan Keliru, Kamu Tak Butuh Masker untuk Terhindar dari Corona
Kepala Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus (Foto: Antara/Fianda Rassat)

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar, Yusri Yunus mengatakan kepada Antaranews, aksi mengambil keuntungan yang dilakukan oleh penimbun masker merupakan perbuatan melawan hukum yang telah di atur dalam Undang-Undang tentang perlindungan konsumen.

Melihat masker yang semakin langkah dan dijual dengan harga yang tinggi, Dr. Perencevich menyarankan alternatif lain kepada masyarakat untuk sebisa mungkin tidak menyentuh area wajah seperti mulut dan hidung karena kita tidak pernah tahu bakteri atau virus apa yang menempel ditangan kita. Maka dari itu, tetaplah menjaga kebersihan dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun secara teratur. (Bel)

Baca juga:

Simak! 3 Info Penting dari WHO Tentang Virus Corona

#Virus Corona #Penyakit Corona #Pasien Corona #Info Kesehatan #Masker
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan