Jangan-jangan Jam Tangan Anda KW! Jam tangan orisinil selalu dijual mahal, tidak mengenal harga miring. (Foto: mvmtwatches)

UNTUNGNYA di jaman sekarang ini pedagang jam banyak yang jujur. Mereka mengenalkan dagangannya sebagai barang KW atau replika orisinilnya. Jam tangan yang dijual mirip dengan jam orisinilnya, bahkan nyaris sempurna.

Meskipun demikian ada saja satu atau dua celah yang membuka kedok jam tangan KW itu. Meskipun ujung-ujungnya pembelinya mahfum bahwa dirinya tak mampu membeli jam yang asli. Paling tidak orang yang awam dengan jam orisinil akan percaya bila dikatakan itu jam orisinil

Konon bisnis jam KW ini meraup keuntungan lebih dari Rp 13 triliun per tahunnya. Celakanya 30% jam tangan replika itu meniru jam tangan buatan Swiss yang memang terkenal baik kualitasnya. Para produsen jam tangan KW itu bahkan mempekerjakan ahli-ahli pembuat jam tangan.

Untuk mendapatkan jam tangan orisinil yang perlu diketahui pertama adalah toko yang menjual jam tangan. Biasanya toko memiliki lisensi penjualan jam tangan merk-merk terkenal yang teregistrasi.

Jam tangan merk terkenal berkualitas Swiss selalu dijual dengan harga mahal. Harga miring mengarah pada jam tangan KW.

Keaslian jam tangan terletak pada proses akhirnya. Jam tangan asli biasanya memiliki kehalusan di berbagai sudut jam tangan. Ini yang tidak bisa ditiru oleh mesin.

Kemudian bobot jam tangan asli biasanya lebih berat dari jam tangan KW. Para pembuat jam tangan KW memperhitungkan faktor ekonomis yang membuat mereka memakai bahan-bahan murah yang lebih ringan.

Perhatikan detil, kalau perlu lihat dengan kaca pembesar, logo, huruf atau apapun yang ada di wajah jam tangan harus sempurna. Jam tangan mewah orisinil tidak ada sedikit cacat. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH