Jangan Hilangkan 3 'Superfood' Karbohidrat dalam Diet Keto Diet keto jangan melupakan karbohidrat. (Foto: Pixabay/dbreen)

KITA mungkin telah memulai hari dengan berbagai kebiasaan diet baru, tetapi kegemaran keto berjalan terus. Diet yang sangat populer ini tidak menunjukkan tanda-tanda kehilangan penggemarnya.

Menurut laman health, makanan keto terdiri dari sekitar 70% -80% lemak, 20% protein, dan 5% karbohidrat. Itu berarti karbohidrat "baik" dan "buruk" pada dasarnya dilarang dalam diet keto. “Buah, biji-bijian, tepung dan sayuran akar seperti parsnip, kacang-kacangan, lentil, pemanis, makanan yang dipanggang, jus, smoothie, dan soda harus dihilangkan,” jelas Carolyn Brown, RD, ahli gizi di Food Trainers di New York City.

Membatasi asupan karbohidrat olahan seperti roti putih dan makanan panggang bukanlah ide yang buruk. Tetapi membatasi karbohidrat kompleks seperti yang terdapat dalam biji-bijian utuh, buah-buahan, dan sayuran dapat menyebabkan kamu kehilangan vitamin dan mineral penting. Dikutip dari laman health, tiga makanan kaya karbohidrat yang memberikan manfaat besar bagi kesehatan.

1. Wortel

wortel
Memakan wortel merupakan diet paling baik untuk kamu. (Foto: Pixabay/congerdesign)

Sayuran menyediakan serat, fitonutrien, dan jumlah besar yang membantu kita tetap kenyang. Sayuran yang terlalu manis untuk keto juga dikemas dengan beta karoten, prekursor dan antioksidan. Vitamin A sangat penting meningkatkan kesehatan mata dan kesehatan kulit dan fungsi kekebalan tubuh. "Apapun diet yang paling baik untuk kamu, sayuran harus benar-benar berada di garis depan dan mengambil porsi setidaknya setengah dari piring kamu," kata Brown.


2. Gandum

oat
Sarapan dengan oat membuat tingkat energi naik. (Foto: Pexels/JÉSHOOTS)


Oat yang terbuat dari gandum menjadi menu sarapan yang baik. Oat mengandung serat larut yang sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol. Ini sangat penting dan bisa menjadi pendamping makanan hewani yang tinggi lemak jenuh dalam deit keto. Oat juga mengandung beberapa protein dan mineral penting seperti zat besi, folat dan magnesium. "Langsung memotong karbohidrat dapat menyebabkan gula darah rendah, energi menurun, murung, kelaparan, dan kelelahan," kata Brown.


3. Pisang

pisang
Pisang mengandung mineral dan vitamin yang diperlukan tubuh. (Foto: Pexels/pixabay)


Pisang berukuran sedang yang mengandung 27 gram karbohidrat, mengandung kalium, vitamin B6, dan serat. Pisang juga bertindak sebagai prebiotik, alias makanan untuk bakteri baik dalam usus kamu. Pecinta Keto memang berusaha menjauhkan buah yang memiliki gula. Sebagai suguhan sesekali yang tidak dikonsumsi setiap hari. Sementara buah-buahan rendah glisemik seperti beri diperbolehkan dalam jumlah sedang pada diet ketogenic. (gsh)



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH