Jangan Dijual, Ini 4 Solusi Jika Layar Ponsel Retak Jangan panik ketika layar handphone pecah (Foto: pixabay/asifibhuiya)

SIAPA yang nyaman melihat layar handphone memiliki retakan? Sangat mengganggu jika layar handphone memiliki retakan baik di pinggiran layar, apalagi di tengah.

Pokoknya jadi hari yang sangat buruk ketika sedang aysik tiba-tiba gawai terhempas begitu keras sampai pelindung layar dan layar handphone ikut pecah. Pasti akan berpikir cepat-cepat menggantinya ke toko ponsel terdekat. Kalau bisa memang langsung dijual saja.

Baca juga:

Obati Ponsel Pintar Lemot dengan Cara Sederhana Ini

Namun, jangan buru-buru. Layar ponsel yang retak masih bisa kamu selamatkan tanpa mengganti ponsel baru. Laman Popular Mechanics mengatakan ada banyak cara memperbaiki layar handphone yang pecah yaitu dengan cara sendiri, pihak ketiga, dan pihak resmi.

Namun perlu diketahui, retakan layar ponsel memiliki tingkatan berbeda, dari yang ringan sampai berat. Berat yaitu membuat handphone mati total, atau touchscreen sudah tidak berfungsi secara normal, sehingga perlu melakukan back-up data jika handphone benar-benar tidak bisa digunakan. Tentu perlu menggunakan profesional untuk memperbaikinya.

Berikut empat solusi jika layar ponsel retak:

1. Gunakan selotip

Gunakan selotip adalah cara paling murah dan mudah (Foto: pixabay/stux)

Cara sangat mudah, dan sebagai alternatif jika kamu masih sayang dengan handphone yang sekarang. Tutupi semua layar yang retak menggunakan selotip. Dengan begitu, layar akan terasa mulus dan retakan kaca tetap rekat. Jari kamu pun tetap aman untuk mengusap layar ponsel.

2. Gunakan screen protector

Gunakan screen protector agar aman (Foto: youtube/MobileReviewsEh)

Cara yang sangat mudah juga, namun membutuhkan biaya lebih. Caranya sama dengan menggunakan selotip. Hanya saja pelindung layar akan jauh lebih efisien daripada menggunakan selotip.

Baca juga:

Hindari Penggunaan Ponsel Pintar pada Saat-saat Penting Ini!

3. Ganti layar sendiri

Kamu bisa melakukannya sendiri (Foto: pixabay/nickeloy)

Begitu banyak layar handphone yang dijual di berbagai toko maupun e-commerce, begitu pula alat kebutuhannya. Namun, kamu harus ekstra hati-hati saat mengganti layar ponsel sendiri.

Walaupun banyak tutorial cara mengganti layar handphone, akan tetap dibutuhkan ketelitian dan fokus tinggi ketika melakukan penggantian. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah garansi layar handphone yang kamu beli.

4. Ke ahlinya

Untuk yang tidak mau repot (Foto: pixabay wir_sind_klein)

Jika kamu masih tidak bisa menggantinya sendiri tidak perlu dipaksakan. Lebih baik datang ke toko servis ponsel yang terpercaya. Intinya, jangan cepat-cepat berpikir untuk menjual ponsel. Layar ponselmu hanya butuh diperbaiki saja kok. (ray)

Baca juga:

Jangan Pinjamkan Charger!


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH