Jangan Dibuang! Sutra Jagung Ternyata Punya Manfaat Sutra jagung ternyata punya banyak manfaat (Foto: Pixabay/Daria-Yakovleva)

KETIKA kamu memakan jagung bakar pasti sering menemui serabut halus tipis yang tumbuh di bawah kulit jagung. Nah, biasanya orang menyebut itu sebagai sutra jagung. Sayangnya, orang langsung membuangnya karena tak mengetahui manfaat dari serabut ini

Dilansir dari Boldsky, sutra jagung mengandung protein, karbohidrat, kalsium, kalium, magnesium, natrium, garam, minyak atsiri dan beberapa kandungan lain yang bagus untuk tubuh. Kamu bisa memanfaatkannya baik masih segar atau sudah kering. Sutra jagung juga sering digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan Amerika lho.

Berikut ini manfaat sutra jagung yang harus kamu ketahui.

Baca juga:

Rebung, Tunas yang Rendah Kalori Kaya Mineral

1. Menurunkan peradangan

Menurunkan peradangan (Foto: Boldsky)
Menurunkan peradangan (Foto: Boldsky)


Peradangan kronis dikaitkan dengan berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung dan diabetes. Ekstrak sutra jagung telah terbukti mengurangi peradangan dengan menghentikan aktivitas senyawa peradangan utama. Sutra jagung juga mengandung magnesium, mineral penting yang mengatur respon peradangan tubuh.

2. Mengurangi gula darah

Mengurangi gula darah (Foto: Boldsky)
Mengurangi gula darah (Foto: Boldsky)


Sutera jagung dapat mengurangi kadar gula darah dan membantu mengelola gejala diabetes. Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan sutra jagung secara signifikan mengurangi kadar gula darah. Hal tersebut membuktikan kalau sutra jagung memiliki aktivitas anti-diabetes yang kuat.

Baca juga:

Makanan dan Minuman yang Manjur Membakar Kalori


3. Mencegah kerusakan oksidatif

Mencegah kerusakan oksidatif (Foto: Boldsky)
Mencegah kerusakan oksidatif (Foto: Boldsky)


Antioksidan dalam sutra jagung dapat membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan stres oksidatif. Stres oksidatif bertanggung jawab menyebabkan sejumlah penyakit kronis, termasuk kanker, penyakit jantung dan diabetes.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Meningkatkan kesehatan jantung (Foto: Boldsky)
Meningkatkan kesehatan jantung (Foto: Boldsky)

Kehadiran flavonoid dalam sutra jagung telah terbukti menurunkan kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL-C), trigliserida, dan kadar kolesterol total. Kolesterol tinggi telah terbukti meningkatkan risiko aterosklerosis.

5. Mengobati infeksi saluran kemih

Mengobati infeksi di saluran kemih (Foto: Boldsky)
Mengobati infeksi di saluran kemih (Foto: Boldsky)

Infeksi saluran kemih dapat terjadi di bagian manapun dari sistem kemih, ginjal, kandung kemih atau uretra. Mengonsumsi sutra jagung dalam bentuk teh dan suplemen dapat membantu mengobati infeksi saluran kemih. (Yni)

Baca juga:

Sarapan Pulihkan Kadar Gula Darah untuk Aktivitas Harian


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH