Fashion

Jangan Dibuang, 'Recharge' Warna Baju yang Pudar

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Minggu, 25 Desember 2022
Jangan Dibuang, 'Recharge' Warna Baju yang Pudar
Warna baju yang pudar masih bisa kembali seperti semula. (Foto: Unsplash/Lucas Hoang)

TAHUN baru sudah di depan mata. Kurang dari 10 hari lagi, kita akan mendengar dentuman kembang api melesat dan meledak di udara. Bagi beberapa orang, ini adalah saat yang tepat untuk jadi sosok ‘New Year New Me’.

Salah satu hal yang selalu dinilai harus ikut baru di pergantian tahun adalah baju baru. Sebab, banyak yang beranggapan baju lama yang telah dipakai setahun penuh kini kelihatan kusam, kumal, dan agak ketinggalan zaman alias tak trendi.

Baca Juga:

Recharge Pengalaman Menonton dengan Proyektor Inovatif

Belum lagi jika warnanya mulai memudar. Beberapa warna baju yang cenderung mudah pudar atau berubah adalah merah, hitam, biru tua, putih, dan krem.

Mencuci pakaian di suhu yang tepat atau dingin bisa membuat warna baju lebih cerah dan tahan lama. (Foto: Pexels/Rodnae Productions)

Nah, jika ini terjadi, jangan buru-buru buang baju lamamu, ya. Kamu bisa me-recharge warna baju kamu agar kembali tebal. Menurut Two Shot Clothing, empat cara ini bisa kamu pakai untuk mengembalikan warna baju yang pudar, antara lain:

1. Memakai cuka

Salah satu penyebab warna pakaian yang mudah pudar adalah karena kandungan dalam detergen dan sabun cuci. Hal ini kemudian membuat sebuah gumpalan deterjen. Gumpalan-gumpalan kecil tadi membuat warna pakaian jadi kusam dan pudar.

Untuk menghilangkan gumpalan tadi yang menutupi warna asli baju, kamu bisa memakai cuka. Tuang sekitar 1 cup kecil cuka (240 mL) dan campurkan dengan air hangat 3,8 L lalu dicuci selama kurang lebih 20-30 menit.

2. Mencuci dengan air dingin

Air yang terlalu hangat atau panas biasanya akan merusak warna dan struktur pakaian. Jadi gunakanlah air dingin atau yang memiliki suhu normal. Air dingin akan membuat warna baju tetap terjaga dan lebih terang.

Selain itu, air dingin juga bisa membantu noda pada pakaian jadi lebih mudah hilang, sehingga bajumu akan terlihat lebih bersih dari sebelumnya. Air dingin bisa kamu gunakan untuk mencuci dan membilas pakaian yang tidak terlalu kotor. Jika pakaianmu terkena noda yang menempel dan bau (kotoran, lumpur, dan limbah tercemar), kamu boleh mencucinya menggunakan air hangat.

Baca Juga:

Tempat 'Recharge' Mobil Listrik Warga +62 di 4 Kota Besar Indonesia

Penggunaan garam dan cuka dalam takaran yang tepat bisa membantu mengembalikan warna pakaian yang pudar. (Foto: Pexels/Darya Sannikova)

3. Melakukan pewarnaan ulang

Beberapa jenis kain dan pakaian itu bersifat boleh diwarnai ulang. Jika bajumu terbuat dari kain yang 60 persennya bersifat alami seperti kapas, sutera, linen, wol, dan nilon, maka kemungkinan besar bisa diwarnai ulang.

Caranya, kamu cukup memilih pewarna yang mirip dengan warna asli pakaianmu. Lalu, masukkan bajumu ke dalam air hangat. Selanjutnya, tuang pewarna tadi dengan dicampurkan sedikit garam.

4. Menggunakan larutan garam

Hal ini mirip dengan poin pertama. Nah, jika kamu tidak memiliki cuka di rumah, kamu bisa menggunakan bahan dapur lainnya, loh. Cobalah untuk memasukkan sedikit garam sekitar 150 gram, untuk mengembalikan warna baju yang hilang tadi. Kandungan garam juga bisa menghilangkan noda-noda di baju. (mcl)

Baca Juga:

Sandra Dewi 'Recharge' Kebahagiaan dengan Mengenakan Pakaian Wangi

#Fashion #Desember Charger Warga +62
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan