Jangan Dibuang, Kulit Buah Banyak Manfaatnya Kulit buah masih menyimpan nutrisi dan manfaat. (foto: pixabay/jackmac34)

UMUMNYA sih, saat makan buah, bagian kulitnya akan kamu buang. Namun, hal itu seharusnya kamu ubah. Ternyata kulit buah menyimpan banyak manfaat loh. Kulit buah masih menyimpan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Seperti dilansir Insider.com, kulit buah sering dianggap tidak berguna. Pemanfaatnya selama ini hanya untuk kompos alami. Padahal, ada banyak cara memanfaatkan kulit buah.

BACA JUGA: Ini nih Alasan Bungkus Camilan Gembung, tapi Isinya Sedikit


1. Permen

kulit buah
Kulit buah bisa dijadikan permen sehat. (Foto:Pinterest/treeselovehappiness.blogspot.com)

Kulit buah bisa kamu olah jadi camilan permen sehat. Para penderita diabetes bisa mengonsumsi permen ini tanpa takut mengacaukan kadar gula dalam darah. Selain itu, permen sehat dari kulit buah juga banyak direkomendasikan para body builder. Mereka mengunyah permen kulit buah sebagai camilan sehat yang rendah gula dan kalori.

2. Selai

kulit buah
Dijadikan selai. (foto: Pixabay/tessa_photography)

Kata siapa hanya buah saja yang bisa dijadikan selai? Kulit buah pun bisa! Saat ini sangat populer tagline zerowaste untuk mengurangi sampah plastik termasuk sampah dapur. Sampah dapur yang tidak cepat diolah kembali akan menghasilkan gas metana yang dapat menyebabkan pemanasan global. Cara membuat selai kulit buah sama seperti resep pada umumnya. Mudah!


3. Sumber Nutrisi

kulit buah
Diekstrak untuk jadi suplemen. (Foto: Pixabay/Clker-Free-Vector-Images)

Beberapa kulit buah, seperti apel, semangka, ,dan jeruk, ternyata menyimpan nutrisi yang tak kalah nendang daripada manggis. Kulit buah bisa melancarkan peredaran sekaligus menurunkan tekanan darah. Kulit buah bisa diolah sampai menjadi ekstrak dan dijadikan suplemen sehari-hari.


4. Pengharum Ruangan

kulit buah
Kulit buah mengandung acid baik untuk pengharum ruangan. (foto: Pixabay/Gil-Dekel)

Kulit buah yang mengandung acid sangat cocok dijadikan pengharum ruangan. Selain itu, aromanya bisa mengusir nyamuk di dalam rumah. Kulit buah akan menjaga sirkulasi udara dalam ruangan tetap bersih dan steril.(mar)

BACA JUGA: Detoksifikasi Pencernaan dengan Buah



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH