Ampas Teh untuk Kecantikan Teh bermanfaat untuk kesehatan kulit (Foto: Pexels/freestocks.org)

TAK hanya enak diseruput. Beragam jenis teh memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuhmu. Mau itu teh hijau, teh hitam, teh oolong, hingga teh ambucha. Semuanya memiliki khasiat tak terduga.

Bahkan, sisa-sisa seduhan teh masih meninggalkan manfaat. Contohnya seperti ampas teh atau kantung teh yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Sayang, sisa seduhan teh ini sering diabaikan, dibuang begitu saja setelah dipakai.

Baca juga:

Ragam Manfaat Dahsyat Dari Teh Tawar yang Jarang Diketahui

Jangan dibuang! Seperti yang dilansir dari NDTV, ampas teh atau kantung teh memiliki manfaat untuk kesehatan kulit, antara lain:

1. Menghilangkan kantung mata

Kantung mata akan hilang (Foto: Pexels/Lisa Fotios)

Bagi kamu yang memiliki mata panda, kandungan antioksidan dan tanin pada teh dapat menghilangkan kantung mata. Bagaimana caranya? Masukkan kantung teh ke dalam kulkas selama 30 menit. Setelah itu, letakkan kantung teh di kelopak mata dan diamkan selama 15 menit. Lakukan dua kali sehari agar kantung mata cepat hilang.

2. Mengobati jerawat

Gunakan ampas teh sebagai masker wajah (Foto: Pexels/Camille Richert)

Selain mengandung antioksidan, daun teh juga memiliki kandungan sepeti anti—inflamasi dan antrimikroba. Kedua kandungan ini bisa mengobati jerawat dan kulit berminyak. Caranya gampang. Buatlah masker wajah menggunakan ampas teh untuk mengobati jerawatmu. Campurkan ampas teh dengan madu atau lidah buaya. Lalu, aplikasikan di daerah yang rawan jerawat dan biarkan selama 10 sampai 20 menit. Gunakan masker ini dua kali dalam seminggu.

Baca juga:

Segudang Manfaat Teh Dandelion untuk Kesehatan

3. Mengobati kulit terbakar akibat sinar matahari

Mengurangi peradangan akibat sinar matahari (Foto: Pexels/David Garrison)

Kulit yang terbakar sinar matahari dapat kamu obati dengan teh. Tempelkan ampas teh atau kantung teh yang sudah dingin. Asam tanat yang terkandung dalam teh bisa menenangkan kulit dari sengatan matahari dan mengurangi peradangan.

4. Mengangkat sel kulit mati

Kulit akan terasa lebih halus (Foto: Pexels/Italo Melo)

Ampas teh bisa digunakan sebagai scurb wajah. Tekstur ampas teh bisa menjadi butiran eksofliasi yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati tanpa merusak kulit. Hasil yang kamu dapatkan kulit akan terasa lebih halus dan lembut. Cukup gunakan dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil memuaskan. (Bel)

Baca juga:

Manfaat Teh Dandelion Bagi Kesehatan



Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH