Jangan Dibiarkan! Ikuti 6 Cara ini untuk Mengatasi Depresi Tanpa Mengeluarkan Biaya Depresi jangan dibiarkan! ikuti 6 Cara untuk Mengatasinya tanpa mengeluarkan biaya berobat (Foto: pexels/Pixabay)

DEPRESI merupakan kondisi umum yang bisa mendatangi siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa. Biasanya ditandai dengan perasaan sedih mendalam dan rasa cemas yang berkepanjangan. Seringkali masalah ini dianggap sepele dan dibiarkan begitu saja. Sebaiknya diatasi sebelum bertambah buruk.

Bagaimana jika tidak memiliki uang yang cukup untuk memeriksa kondisi atau membeli obat? Keadaan ekonomi dan kondisi yang kurang baik juga membuat depresi semakin parah. Di bawah ini adalah 6 cara mengatasi depresi tanpa mengeluarkan biaya seperti yang dilansir dalam laman health.com

1. Jangan Menyalahkan Dirimu

Jangan Dibiarkan! Ikuti 6 Cara ini untuk Mengatasi Depresi Tanpa Mengeluarkan Biaya
Jangan menyalahkan dirimu apapun yang terjadi (Foto: pexels/Kat Jayne)

Hal yang paling sederhana, murah, dan yang paling penting yang kamu lakukan untuk mengatasi depresi. Stigma depresi, perasaan bersalah dan tidak mampu itu bisa menghalangi pemulihan.

Dikutip dari health.com, psikolog klinis di New York City dan Litchfield, Conn, Richard Raskin mengatakan bahwa kamu harus berpikir tentang kenyataan dan kamu tidak bisa hanya mengatasinya dengan "berusaha lebih keras" atau menyesuaikan sikap.

Dibutuhkan penerimaan bahwa Anda memiliki penyakit fisik yang memerlukan perhatian, dan tidak masuk akal untuk menyalahkan diri sendiri karenanya.

2. Bicarakan Masalahmu

Jangan Dibiarkan! Ikuti 6 Cara ini untuk Mengatasi Depresi Tanpa Mengeluarkan Biaya
Ceritakanlah kepada orang yang terpercaya (Foto: suarawajarfm.com)

Walaupun tidak mudah untuk dilakukan, tapi kamu harus melakukannya daripada merahasiakannya. Walaupun mereka tidak paham dan mengerti tentang kondisimu, tapi cobalah untuk memberitahu mereka.

Teman, keluarga, dan orang kepercayaanmu dapat memberikan dukungan, baik itu dukungan emosional, membantu mencari perawatan, dan membantu menjadi jembatan komunikasi.

3. Olahraga Secara Teratur

Jangan Dibiarkan! Ikuti 6 Cara ini untuk Mengatasi Depresi Tanpa Mengeluarkan Biaya
Olahraga yang teratur bisa meningkatkan hormon endorfin dan dopamin (Foto: pexels/Tirachard Kumtanom)

Selain membuat tubuh sehat, ternyata olahraga juga merupakan cara untuk mengatasi depresi juga, lo. Hal ini dikarenakan, pengaruh hormon endorfin serta dopamin yanf melonjak naik saat kamu berolahraga. Kedua hormon tersebut mampu meredakan rasa sakit sekaligus membuat mood jauh lebih baik.

Jika kamu melakukannya secara teratur, atau selama 30 menit atau lebih telah terbukti meningkatkan gejala depresi. Dalam satu studi, pasien yang berolahraga secara teratur dengan treadmill atau sepeda statis selama 12 minggu, melihat keparahan gejala mereka berkurang hampir 50%.

4. Mempertahankan Rutinitas Sehari-hari

Jangan Dibiarkan! Ikuti 6 Cara ini untuk Mengatasi Depresi Tanpa Mengeluarkan Biaya
Lakukan rutinitas setiap hari secara teratur (Foto: Thinkstockphotos.com)


Menurut Raskin, berpegang teguh pada rutinitas secara rutin sangat penting bagi orang yang sedang melawan depresi. Apapun kegiatan yang telah kamu putuskan, cobalah untuk melakukannya pada waktu yang sama setiap harinya.

Sebuah rutinitas, mulai dari jogging, berbelanja hingga mencuci piring dapat membantu kamu menghindari untuk berdiam diri di rumah yang dapat memperburuk keasaan. Jika kamu bisa mempertahankan kegiatan tersebut, maka kamu bisa sembuh.

5. Makan dan Minum yang Sehat

Jangan Dibiarkan! Ikuti 6 Cara ini untuk Mengatasi Depresi Tanpa Mengeluarkan Biaya
Makan makanan yang sehat dan bergizi (foto: pexels/Nathan Cowley)

Apapun yang kamu makan, bisa mempengaruhi otakmu juga. Jadi jika kamu sedang depresi, penting untuk kamu makan makanan sehat dan seimbang seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan protein.

Tidak ada makanan yang bisa membantu kamu melawan depresi, tetapi beberapa makanan mungkin bisa memengaruhi suasana hati kamu daripada yang lain.

Misalnya, karbohidrat dan makanan yang mengandung vitamin D meningkatkan kadar serotonin, neurotransmitter yang terkait dengan suasana hati (sama seperti kadungan dalam obat-obatan seperti Prozac). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3, yang ditemukan dalam suplemen ikan dan minyak ikan, dapat membantu melawan depresi.

Hindari alkohol apalagi narkoba! Orang yang depresi dan kegelisahan sering beralih ke alkohol dan obat-obatan untuk menghilangkan gejala mereka, tetapi strategi itu cenderung berbahaya dalam jangka panjang.

6. Tidur yang Cukup

Jangan Dibiarkan! Ikuti 6 Cara ini untuk Mengatasi Depresi Tanpa Mengeluarkan Biaya
Tidur yang cukup mengurangi depresi (foto: Goalcast.com)


Depresi dan kurang tidur itu berhubungan. Masalah tidur seperti insomnia umum terjadi karena depresi. Bagi banyak orang, kurang tidur bisa membuat suasana hati jadi buruk.

Namun tidak berlaku untuk semua orang. Masih banyak yang tidak diketahui tentang hubungan antara depresi dan tidur.

Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda, tetapi para ahli merekomendasikan bahwa orang yang depresi mendapatkan cukup tidur dan mempertahankan jadwal tidur-bangun yang teratur. (sel)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH