Jangan Dibiarkan Berdebu, Simak Tips untuk Merawat Diecast

Andrew FrancoisAndrew Francois - Kamis, 13 Oktober 2022
Jangan Dibiarkan Berdebu, Simak Tips untuk Merawat Diecast
Cara merawat diecast tetap awet. (Foto: Unsplash/Haseeb Modi)

DIECAST atau miniatur mobil merupakan salah satu barang atau benda koleksi yang sering menjadi hobi bahkan cara mencari rezeki. Mengoleksi diecast memang menyenangkan, bahkan bagi beberapa orang menjadi cara menyenangkan hati, kala melihat diecast tersusun rapih di dalam rumah.

Beberapa diecast juga bisa menjadi sarana investasi, terlebih kalau barangnya tidak dijual di pasaran lagi atau memiliki nomor seri nan cantik. Kendati harga jual tinggi, kualitas dan kecakapan diecast tetap harus diperhatikan agar catnya tidak mengelupas bahkan menjadi karat.

Dalam kesempatan press conference Indonesia Diecast Expo 2022, Ketua Pelaksana gelaran tersebut Arya Lembana membagikan sedikit tips merawat diecast agar kualitasnya tetap terjaga, sehingga terus enak dilihat mata dan harga jual tetap tinggi.

Baca juga:

Menjaga Diecast Awet dan Menambah Nilai

1. Hindari terkena air

Diecast tidak boleh terkena air. (Foto: Unsplash/Alex Zabavsky)

Musuh pertama bagi diecast adalah air, sebab partikel itu bisa membuat bodi mobil diecast berkarat atau mengurangi kualitas catnya. Bila kamu hendak mengelap koleksi diecast-mu, pastikan langsung diseka dengan lap kering hingga tidak ada partikel air setitik pun yang tersisa.

2. Hindari terkena debu

Debu bisa merusak diecast. (Foto: Unsplash/Aasha Edwards)

Musuh yang tak kalah serius bagi diecast adalah debu. Sekecil apapun partikel debu, menurut Arya itu bisa menjadi bencana buruk bagi diecast. Maka pastikan kamu rutin memerhatikan kondisi diecast, hindari memajang diecast di dalam ruangan yang terlalu lembab atau kering.

3. Gunakan kuas saat membersihkan diecast

Gunakan kuas saat menyeka diecast. (Foto: Unsplash/Julie Molliver)

Bila kamu hendak mengelap diecast, pastikan menggunakan alat yang halus seperti kuas. Menggunakan lap yang berbahan kasar justru dapat merusak kualitas diecast kesayanganmu. Penggunaan tisu juga bisa membahayakan kualitas diecast, sebab strukturnya yang kasar dapat menciptakan guratan.

Baca juga:

Dari Hobi Hingga Survive Menjalankan Bisnis Diecast di Masa Pandemi

4. Hindari mengelap dengan tangan kosong

Keringat pada tangan bisa merusak diecast. (Foto: Unsplash/Girl with red hat)

Saat hendak membersihkan diecast, pastikan kamu tidak mengelap dengan tangan kosong karena bekas sentuhan tangan bisa saja menempel dan menciptakan guratan pada bodi diecast. Sebaiknya, gunakan sarung tangan plastik atau karet agar keringan dari tangan tidak meninggalkan bekas pada bodi diecast.

5. Letakkan di dalam kotak akrilik

Diecast di dalam kotak akrilik lebih terjaga kualitasnya. (Foto: Unsplash/Ihwal Hambali)

Bagi kamu yang ingin diecast tetap bersih, kinclong, dan terjaga kualitasnya, bisa menggunakan kotak akrilik agar terhindar dari debu dan terjaga suhu serta kelembabannya. Namun, pastikan pula bagian dalam kotak terjaga kebersihannya sebelum diecast dimasukkan ke dalam kotak tersebut. (waf)

Baca juga:

Rekomendasi Diecast Keren Tahun ini, Buruan Hunting!

#Hobi #Mobil Mainan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan