Jangan Cuma Opor, Lebaran pun Wajib Makan Buah! Alpukat (Foto: Pexels/Foodie Factor)

MAKAN di hari Lebaran seperti balas dendam bagi setiap orang. Semua makanan mau disantap tanpa pakai 'rem'. Sebenarnya, maklum saja. Selama berpuasa pola waktu dan pola makan berubah. Tidak ada waktu untuk menyantap beragam makanan.

Tapi tunggu dulu. Lebaran jangan asal makan. Opor ayam, rendang, dan lontong sayur memang lezat. Usahakan tidak hanya menyantap makanan berlemak dan berkolesterol tinggi. Sisakan sedikit kapasitas makan kamu untuk buah-buahan. Menurut laman Go Dok, buah-buahan ini jangan kamu lewatkan untuk disantap saat hari lebaran.

1. Kiwi

Kiwi. (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Buah kiwi biasa dijadikan pelengkap es buah. Rasanya sangat menyegarkan setiap gigitan. Selain itu kiwi juga dapat mempercantik penampilan kudapan manis kamu. Kandungan yang terdapat pada buah ialah vitamin C, serat, dan kalium. Sehingga bagus untuk mengurangi masalah konstipasi yang biasa menyerang saat puasa dan lebaran.

Disamping itu ada pula kandungan fitonutrien yang bisa melindungi tubuh dari ganguan pernapasan, kanker, stroke, dan memelihara kesehatan jantung. Ditambah, kiwi dapat menjaga tekanan darah dari kadar kolesterol jahat dan trigliserida pada sajian lebaran yang penuh santan dan lemak jenuh.

2. Alpukat

Alpukat memiliki antioksidan untuk menangkal radikal bebas berkat kandungan glutathione di dalamnya. Selain itu ada pula kandungan avocadene pada alpukat yang berfungsi menurunkan kadar kolestrol jahat. Jadi, kamu akan terhindar dari risiko tekanan darah tinggi.

Alpukat memang mengandung karbohidrat tapi rendah dan kaya akan asam oleat, yaitu jenis lemak sehat untuk menjaga kesehatan jantung. Kalium, serat, serat, dan magnesium agar terbebas dari risiko stroke juga terkandung pada buah berwarna hijau ini.

3. Blueberry, raspberry, dan cranberry

Ketiga buah ini biasa ditemui pada menu puding, dan es buah saat lebaran. Rasanya manis dan menyegarkan, serta memiliki kandungan senyawa flavonoid yang ampuh menjaga tekanan darah stabil dan mampu mencegah hipertensi.

Tidak hanya itu, kalau kamu mengonsumsi ketiga buah ini, kamu akan terhindar dari sembelit karena mengandung banyak serat. Segelas blueberry mengandung 7,6 gram serat. Sementara itu, segelas raspberry mengandung 8 gram serat.

4. Delima

Delima. (Foto: Pexels/Hitesh Choudary)

Buah delima menyehatkan banget deh. Kandungan di dalamnya ada Vitamin C, antioksidan, dan sumber serat yang tinggi. Bahkan kadar antioksidan pada delima dipercaya lebih tinggi daripada teh hijau dan anggur merah. Sehingga dapat melindungi kamu dari penyakit alzheimer.

Nah saat lebaran kulit kamu juga akan terlihat segar dan berkilau karena mengonsumsi buah ini. Karena akan memicu regenerasi sel-sel kulit. Lebih kerennya lagi, delima juga bisa menjadi viagra alami. Sehingga aktivitas bercinta setelah merayakan Lebaran akan semakin panas.

5. Buah kering

Jenis buah kering di antaranya adalah buah ara, kurma, plum, aprikot, dan kismis. Buah-buahan kering tersebut adalah sumber serat alami untuk meredakan konstipasi. Buah kering seperti plum juga megandung sorbitol yang berfungsi sebagai pencahar alami.

Buah kering juga juga biasa dijadikan sebagai zat pemanis buatan untuk menu lebaran semisal puding, kue tart, brownies, dan kue kering.

Bagaimana sahabat Merah Putih, sudah mengonsumsi buah setelah salat Ied tadi pagi? (Ikh)

Baca juga artikel menarik lainnya di sini Menu Lebaran yang Selalu Bikin Kangen Keluarga dan Kampung Halaman

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH