Wisata Indonesia

Jangan Cuma ke Malioboro, Pentas Kesenian Ini Ramai di Malam Pergantian Tahun

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 31 Desember 2018
Jangan Cuma ke Malioboro, Pentas Kesenian Ini Ramai di Malam Pergantian Tahun
Jogyja New Resolution bakal meramaikan malam pergantian tahun di Yogyakarta. (Foto: Pixabay/Pexels)

YOGYAKARTA merupakan salah satu kota favorit untuk menghabiskan malam pergantian tahun. Malam pergantian tahun biasanya memusat di Malioboro, Alun-alun, dan Tugu. Suasana Yogyakarta pada malam tahun baru selalu memberi kesan mendalam bagi para pelancong.

Libur panjang akhir tahun ini, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta memperkirakan kenaikan jumlah wisatawan sekitar 10 persen, sedangkan jumlah kendaraan yang masuk ke Kota Yogyakarta selama libur akhir tahun rata-rata mencapai 135.000 kendaraan per hari.

Nah, buat kamu yang menghabiskan malam pergantian tahun di Yogyakarta, ada sebuah pentas kesenian pada malam perayaan tahun baru di timur Balai Kota. Acara ini bisa menjadi pilihan tempat menanti malam pergantian tahun selain di kawasan Malioboro dan Tugu Yogyakarta.


1. Pentas kesenian Jogja New Resolution

Jogja New Resolution meramaikan malam pergantian tahun di Yogyakarta. (Foto: Pixabay/thekaleidoscope)
Jogja New Resolution meramaikan malam pergantian tahun di Yogyakarta. (Foto: Pixabay/thekaleidoscope)

Pentas kesenian tersebut akan menampilkan sejumlah musisi, hingga band yang cukup dikenal di DIY dengan genre musik yang disesuaikan dengan selera anak muda. Kami sesuaikan konsep pentas musik ini agar sesuai dengan jenis musik yang banyak disukai anak muda karena biasanya yang merayakan malam pergantian tahun adalah anak-anak muda.

"Kami siapkan panggung kesenian dengan tema pentas akhir tahun Jogja New Resolution di Jalan Ipda Tut Harsono atau di timur kompleks Balai Kota Yogyakarta pada Senin (31/12) malam mulai pukul 19.00 WIB yang bisa diakses secara gratis," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono di Yogyakarta, Minggu (30/12), seperti dilansir Antara.


2. Diisi musisi terkenal

Jogja New Resolution diisi oleh musisi terkenal. (Foto: Pixabay/Free-Photos)
Jogja New Resolution diisi oleh musisi terkenal. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Sejumlah musisi yang akan tampil di antaranya adalan Nufi Wardhana yang dikenal publik dengan melakukan 'cover' terhadap lagu-lagu populer melalui situs berbagi Youtube, hingga band Sri Redjeki yang dikenal kerap menampilkan aksi jenaka saat pentas.

"Kami harapkan, melalui pentas musik ini, masyarakat akan memperoleh hiburan sekaligus bisa menjadi alternatif warga untuk merayakan malam pergantian tahun dan memecah keramaian di Malioboro, Alun-Alun Utara serta Tugu," katanya.

Di akhir pentas juga direncanakan akan dimeriahkan dengan pesta kembang api sebagai puncak perayaan malam tahun baru.


3. Malioboro tetap lokasi utama malam pergantian tahun

 Kendaraan wisata di Alun-alun Yogyakarta. (Foto: Pixabay/Adrega)
Kendaraan wisata di Alun-alun Yogyakarta. (Foto: Pixabay/Adrega)

Malioboro akan tetap menjadi lokasi utama tujuan wisatawan dan masyarakat untuk merayakan malam pergantian tahun sehingga dilakukan berbagai pengaturan, termasuk lalu lintas.

Polresta Kota Yogyakarta akan melakukan penutupan Jalan Malioboro saat perayaan malam pergantian tahun. Sterilisasi Jalan Malioboro dari berbagai jenis kendaraan baik kendaraan bermotor maupun tidak bermotor direncanakan dimulai pukul 15.00 WIB.

Kendaraan yang akan menuju Malioboro akan dialihkan ke jalur lain sehingga ruas Jalan Malioboro hingga Titik Nol Kilometer serta seluruh sirip-sirip jalan di kawasan tersebut akan bebas dari kendaraan.

Pengaturan lalu lintas hingga pengalihan jalur juga akan diberlakukan secara bertahap di lingkar luar dari kawasan Malioboro serta di jalur lingkar terluar Kota Yogyakarta pada pukul 19.00 WIB. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Selain Wisata Pantai, Tempat Rekreasi ini Juga Asyik untuk Tahun Baru

#Wisata Yogyakarta #Wisata Indonesia #Libur Natal Dan Tahun Baru
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan