Jangan Buang Kulit Buah, Manfaatkan untuk Kecantikan Aja

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 31 Agustus 2018
Jangan Buang Kulit Buah, Manfaatkan untuk Kecantikan Aja
Jangan buang kulit buah, manfaatkan untuk perawatan kecantikan. (foto: pixabay/hevoli)

SUKA makan buah dan sering membuang kulitnya. Wah, sayang banget. Selain daging buah bermanfaat untuk tubuh, ternyata kulit buah pun bisa lo kamu manfaatkan untuk merawat kecantikan. Nih, kulit buah yang bisa kamu manfaatkan untuk kecantikan kulit.

1. Pelembap alami

avokad
Kulit avokad bisa melembapkan wajah. (foto: pixabay/coyot)

Kulit avokad dapat kamu gunakan sebagai pelembab wajah dan rambut alami. Avokad punya kandungan asam lemak sehat yang tinggi. Jika kamu baru saja menggunakan avokad dalam resep makan, sisihkan kulitnya.

Menjelang tidur, gosokkan bagian dalam kulit avokad yang masih punya sedikit daging buah ke seluruh wajah. Ingat ya, bersihkan dulu wajahmu sebelum dioles kulit avokad. Biarkan selama 20 menit, kemudian bilas bersih. Kandungan antioksidan dan asam amino dari avokad tidak hanya melembapkan kulit, tapi juga akan menyamarkan garis halus, keriput, dan tanda penuaan kulit lainnya. Cara yang sama juga bisa kamu lakukan untuk melembapkan rambut kering dan pecah-pecah.

2. Memutihkan gigi

kulit jeruk
Kulit jeruk hilangkan gigi kuning dan kusam. (foto: pixabay/ulleo)

Tak perlu repot untuk mendapat gigi putih cemerlang. Gosokkan bagian dalam kulit pisang 1 menit setiap hari selama seminggu pada gigi kamu. Hasilnya, gigi putih cemerlang tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam.

Kalau kamu enggak suka pisang, bisa juga memakai kulit jeruk. Gigi kuning dan kusam pun bisa diatasi dengan kulit jeruk. Ada dua cara sederhana yang bisa kamu lakukan. Pertama, gunting kulit jeruk memanjang dan tutupi gigi dengan bagian dalam kulit menghadap barisan gigi. Sikat gigi seperti biasa setelah didiamkan beberapa menit. Hal itu untuk mencegah kerusakan email gigi oleh asam.

Cara lainnya, giling kulit jeruk dalam food processor/blender sampai menjadi pasta. Oleskan pasta kulit jeruk ke gigi kamu dan gosok merata, seperti menggosok gigi biasa. Gigi akan kembali putih dan noda pun terangkat. Untuk hasil terbaik, lakukan trik ini rutin, yakni 1 menit setiap hari selama seminggu.

3. Scrub wajah

Mencari exfoliator wajah alami? Kulit pisang bercampur gula jawabnya. Taburi gula di sisi dalam kulit lalu gunakan sebagai exfoliator lembut. Gosokkan perlahan ke seluruh wajah dan bilas bersih.

Kulit pisang memiliki sifat melembapkan dan mengurangi gatal kemerahan dan timbulnya jerawat. Trik alami ini akan cepat menyembuhkan psoriasis. Kamu dapat melihat hasil yang nyata dalam waktu singkat.


4. Scrub tubuh

Kulit jeruk merupakan sumber vitamin dan mineral yang amat baik. Jeruk mengandung vitamin C dan A yang sangat bermanfaat untuk kulit. Vitamin C bertindak sebagai pemutih kulit alami. Bahan itu bisa meningkatkan rona kulit dan meningkatkan cahaya alami kulitmu. Sementara itu, vitamin A membantu mengurangi keriput dan kulit kasar. Kulit jeruk juga menyembuhkan komedo, sel-sel mati, jerawat, mengecilkan pori-pori, noda, lingkaran hitam, kulit kering, dan mencerahkan wajahmu.

Oleh karena itu, menggunakan kulit jeruk untuk scrub tubuh pasti akan membuat kulit kamu tampak sehat bercahaya. Caranya mudah, dalam mangkuk atau wadah, tambahkan gula dan parut beberapa kulit jeruk. Tuangkan beberapa sendok madu untuk exfoliator kulit. Selanjutnya tambahkan minyak kelapa dan aduk rata. Scrub kulit jeruk juga dapat kamu dengan susu atau yogurt untuk kemilau kulit ekstra atau untuk menghapus tanda kecokelatan di kulit.

6. Kompres kantung mata

Kulit kentang hilangkan kantung mata. (foto: pixabay/kalhh)

Mata berkantung karena begadang? Jangan panik. Pakai saja kulit kentang. Kentang dianggap efektif untuk antipenuaan dan agen kecantikan, terutama dalam menangkal keriput, bintik-bintik gelap, dan lingkaran hitam di bawah mata. Semua khasiat itu berkat kandungan vitamin C dalam kentang.

Dengan menggunakan sisa kulit kentang, tempatkan sisi dalam kulit langsung pada bagian bawah mata selama sekitar 10 menit. Lakukan rutin dan kamu bisa mengucapkan selamat tinggal pada lingkaran hitam!

Cara lainnya, oleskan campuran gilingan mentimun dan kulit kentang di wajah kamu, terutama di sekitar mata. Mentimun mengandung asam askorbat dan asam caffeic, sedangkan kentang memiliki pati cair dan catecholase. Kedua bahan aktif itu bekerja dengan baik dalam mencerahkan warna kulit kamu dan mengobati mata bengkak.(*)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan