Jangan Bohong Sama Dokter! Dengan sistem treking, pasien dapat dipantau sudah menelan obatnya atau belum. (Foto: wareable)

KEMAJUAN teknologi digital dalam bidang kesehatan membuat seorang pasien tidak dapat lagi berbohong pada dokter. Pil dengan teknologi digital tracker memungkinkan dokter tahu apakah pasiennya sudah menelan obatnya atau belum.

Dari laman Time Health disebutkan kalau Food and Drug Admninistration (FDA) mengeluarkan persetujuan pil dengan sistem treking untuk kebutuhan Amerika Serikat. Pil itu dinamakan Abilify MyCite berisikan sensor yang dapat dicerna. Fungsinya adalah membantu pasien untuk tetap dalam pengawasan dokter atau personil kesehatan lainnya selama berada dalam pengobatan.

Abilify MyCite untuk sekarang hanya disetujui untuk pengobatan penderita schizophrenia dan bipolar I. Termasuk pula pengobatan pada orang dewasa yang berada dalam kondisi depresi.

FDA menyetujui pil dengan sensor ini ditahun 2012. Sejak saat itu perusahaan farmasi diperbolehkan mengemas obatnya dengan memasukan sensor itu. Percobaan klinis dilakukan pada pasien darah tinggi dan diabetes tipe 2.

Meskipun demikian tidak semua perusahaan farmasi memasukan sensor treking ini dalam obatnya. Hanya produksi dari perusahaan besar saja yang dilengkapi dengan sensor itu. Biasanya pil dengan sensor itu dijual beserta patch dan mobile applicationnya.

Cara kerja sensor yang terbuat dari bahan makanan dan menggunakan cairan perut sebagai dayanya, akan mengirimkan sinyal pada patch. Patch yang bekerja dengan baterai kecil itu kemudian akan mengirimkan informasi ke apps dan portal web.

Meskipun demikian belum ada penelitian lebih lanjut mengenai efektivitasnya dalam pengobatan. FDA pun memberikan batasan bahwa penggunaan pil sensor ini terbatas bukan untuk keadaan darurat dan bukan dalam status in real-time. FDA mengungkapkan alasannya jika terjadi missed atau penundaan informasi.

Menurut Proteus Healt Systems pembuat pembuat pil sensor dan Otsuka Pharmaceutical Co. pembuat Abilify, menyebutkan bahwa kerja sama pemakaian sensor treking ini terbatas hanya pada beberapa lembaga kesehatan saja.

Pasien yang mendapatkan pengobatan sistem baru ini pun tak sembarangan harus dinilai dulu memang cocok dan mau menggunakan sistem itu. Di samping itu masih ada efek dari obat Abilify, dengan atau tanpa sensor, seperti mual, gelisah, pusing atau yang berhubungan dengan itu. Belum lagi MyCite patch yang ditempelkan pada kulit dari mengakibatkan iritasi. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH