Jangan Berikan Makanan Ini ke Si Kecil Memilih makanan untuk bayi (Foto: Pixabay/StockSnap)

PENTING untuk membuat pilihan makanan yang tepat untuk sang buah hati di tahun-tahun pertamanya. Selama periode inilah laju pertumbuhan bayi meningkat. Jadi, jangan asal memberikan makan, karena tak semua makanan layak untuk dikonsumsi oleh si kecil.

Bayi memiliki sistem pencernaan yang halus dan makanan yang tidak cocok dengan mereka dapat memiliki dampak negatif pada tubuh mereka, menyebabkan berbagai alergi makanan. Nah, dilansir dari Boldsky, berikut ini makanan-makanan yang seharusnya tak boleh diberikan ke anakmu.

Baca juga:

Parenting ala Keluarga Kerajaan Inggris

1. Madu

Madu (Foto: Pixabay/fancycrave1)
Madu (Foto: Pixabay/fancycrave1)

Madu mengandung spora bakteri Clostridium botulinum, yang jika dikonsumsi bayi dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah, sembelit, nafsu makan yang buruk, dan infeksi bakteri. Hal ini sangat umum pada bayi di bawah usia 1 tahun.

2. Susu sapi

Susu sapi (Foto: Pixabay/Couleur)
Susu sapi (Foto: Pixabay/Couleur)

Menurut sebuah penelitian, pemberian susu sapi kepada bayi memiliki efek buruk pada kesehatan mereka. Kandungan zat besi pada susu sapi rendah yang membuatnya tak mencukupi kebutuhan zat besi bayi untuk pertumbuhan. Selain itu, kalsium dan kasein yang ada dalam susu sapi menghentikan penyerapan zat besi.

3. Jus buah

Jus buah (Foto: Pixabay/stevepb)
Jus buah (Foto: Pixabay/stevepb)

American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan orangtua untuk menghindari jus buah 100 persen pada bayi di bawah 6 bulan. Alasannya adalah jus tidak memberikan nutrisi pada bayi di tahun pertama mereka dan sama sekali tak dapat menggantikan ASI.

Baca juga:

Kesalahan Orangtua dalam Mendidik Anak

4. Cokelat

Cokelat (Foto: Pixabay/AlexanderStein)
Cokelat (Foto: Pixabay/AlexanderStein)

Cokelat tidak boleh diperkenalkan kepada bayi di tahun pertama. Alasannya makanan ini mengandung susu padat yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada anak kamu. Makanan yang mengandung susu tidak boleh diberikan kepada bayi di bawah usia 1 tahun.

5. Daging

Daging (Foto: Pixabay/Shutterbug75)
Daging (Foto: Pixabay/Shutterbug75)

Produk daging tidak boleh diberikan kepada bayi. Karena daging sangat sulit untuk dicerna. Selain itu ia juga mengandung banyak sodium dan lemak hewani, yang keduanya tidak baik untuk si kecil di bawah 1 tahun.

Baca juga:

Tips dan Trik Ampuh Mengasuh Anak Bagi Single Father


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH