Jangan Berbuka dengan Gorengan Melulu! Menu sahur dan buka puasa haruslah seimbang nutrisinya. (Foto: Pexels/Fancycrave)

SELAMA bulan Ramadhan pola makan kita berubah. Normalnya kita makan tiga kali sehari sementara selama Ramadhan kita hanya makan dua kali sehari. Perubahan tersebut terjadi secara ekstrem. Selain itu, asupan nutrisi kita pun berbeda dari hari biasanya.

Kita lebih mudah tergoda untuk memakan sajian berkalori tinggi, makanan manis, atau goreng-gorengan dalam jumlah cukup banyak. Padahal puasa tak hanya mengajarkan kita untuk menahan diri dari godaan hawa napsu selama puasa. Kita juga harus bisa mengontrol diri kita dari makanan tidak sehat saat sahur dan berbuka puasa.

Puasa selama bulan Ramadhan dapat meningkatkan kesehatan seseorang apabila dilakukan dengan cara yang tepat. Jika tidak, puasa yang kita lakukan hanya dapat menyebabkan banyak kerusahan dan kerugian daripada kebaikan. Itulah sebabnya penting untuk mengontrol diri ketika kita memilih makanan yang akan dikonsumsi selama sahur dan berbuka puasa.

gorengan
Jangan hanya berbuka dengan gorengan, carilah yang lebih sehat. (Foto: The Guardian Nigeria)

Ahli Gizi Klinis di Burjeel Hospital Abu Dhabi, Rahma Ali mengungkapkan bahwa selama sahur dan puasa makanan yang kita konsumsi harus mengandung gizi seimbang. “Ketika sahur dan berbuka makanan harus mengandung item dari masing-masing kelompok makanan seperti sayuran, karbohidrat, daging, produk susu dan buah-buahan,”demikian ucapnya seperti mengutip dari Khaleej Times.

Kita harus selektif dalam memilih makanan saat sahur. Menu makan sahur kita harus sehat sebab kita harus menyediakan energi yang cukup untuk bertahan selama berjam-jam puasa. “Makanan yang dikonsumsi saat sahur harus membuat kita terhidrasi. Perhatikan baik-baik pemilihan makanan saat sahur,” tuturnya.

Beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi saat sahur:


1. Kaya Protein

Salah satu makanan yang kaya akan protein adalah telur. Telur mengandung banyak nutrisi dan tinggi protein. Makanan ini tak hanya membuat kita kenyang lebih lama tetapi juga mudah dicerna. Rasanya pun enak dilidah.

makanan
Konsumsilah makanan yang kaya serat. (Foto: NDTV Food)

2. Kaya Serat

Meski tak lazim, oatmeal merupakan makanan yang kita butuhkan saat sahur. Oatmeal cocok dikonsumsi saat sahur karena mengandung serat tinggi. Ketika dimakan, serat akan larut berubah menjadi gel di perut dan memperlambat proses pencernaan. Hal tersebut dapat membantu kita dalam menurunkan kolesterol dan glukosa darah sehingga membuat kita bersemangat sepanjang puasa.

3. Kaya Kalsium dan Vitamin

Berbagai produk olahan susu merupakan sumber sempurna bagi kebutuhan nutrisi. Mengonsumsi yoghurt atau susu shake vanilla membantu kita untuk kenyang lebih lama dan menghidrasi tubuh sepanjang hari.

Selain sahur, kebiasaan makan kita saat berbuka puasa tak bisa diremehkan. Berbuka dengan makanan bergizi seimbang penting untuk dilakukan. Dengan demikian kita telah memastikan bahwa kebutuhan gizi penting tubuh terpenuhi.

Ali menyarankan kita untuk mengonsumsi makanan yang mengandung sodium dan potassium. “Selama berpuasa tubuh kita kehilangan sodium dan potassium saat berkeringat untuk itu kita harus menambah asupan sodium dan potassium,” jelasnya.

Beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa:

jus buah
Jangan lupakan konsumsi air. (Foto: iMalayalee)


1. Air Putih dan Jus Buah

Minumlah air putih atau jus buah sebanyak mungkin selama waktu berbuka dan menjelang tidur. Langkah tersebut dilakukan untuk menghindari dehidrasi selama berpuasa.


2. Makanan Yang Kaya Akan Potasium

Dalam ajaran Islam, Nabi Muhammad menganjurkan umatnya untuk berbuka puasa dengan memakan beberapa butir kurma. Berbuka puasa dengan kurma tak hanya baik bagi agama tetapi juga bagi kesehatan kita. Kurma kaya akan kandungan potassium. Memakan kurma tak hanya membuat tubuh kita terhidrasi dengan cepat tetapi juga memberi kita energi yang memulihkan kondisi tubuh secara instan setelah seharian berpuasa.

kurma
Kurma kayak akan potasium. (Foto: premiumtimesng)


3. Kacang-Kacangan

Salah satu kacang yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa adalah kacang almon. Kacang almon mengandung lemak baik. Ketika kita berpuasa seharian, tubuh membutuhkan tambahan lemak. Kebutuhan lemak dapat segera terpenuhi dengan mengonsumsi kacang almon. Kita pun akan lebih cepat kenyang.

4. Buah dan Sayur Kaya Air

Mentimun, selada, semangka tak hanya mengandung serat tinggi tetapi juga mengandung banyak air. Mengonsumsi makanan yang mengandung air membuat tubuh kita lebih segar. Tak hanya menyegarkan, makanan mengandung air juga bagus untuk kesehatan kulit dan menghindari sembelit saat berpuasa.

Itulah beberapa makanan yang baik dikonsumsi selama Bulan Ramadhan. Saat berpuasa, napsu makan kita mungkin meningkat. Kuncinya adalah kendali diri yang baik. Ingatlah bahwa Bulan Ramadhan adalah bulan baik untuk memetik berbagai manfaat kesehatan dan untuk meningkatkan hubungan spiritual kita. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH