Jangan Asal Pilih, Ini Tips Memilih Roof Box untuk Mudik Penggunaan roof box yang banyak diminati jelang masa mudik Lebaran. (Deni/KabarOto.com)

MerahPutih.com - Masa libur Lebaran segera tiba. Saatnya untuk mudik. Nah, salah item barang yang paling diburu saat masa mudik adalah aksesori roof box. Sebagai pelengkap bagi kamu yang ingin menampung barang bawaan di atas mobil.

Seperti diungkapkan Halley Siboro, Direktur PT Sole Indotrade selaku distributor resmi Roof Box Whale Carrier mengatakan, kini pengguna roof box tidak sebatas pada kalangan adventure. Tapi, seiring berjalannya waktu banyak juga MPV yang menggunakan aksesori ini untuk memberikan ruang lebih untuk membawa barang. Terutama di momen-momen mudik.

Menurut Halley, mobil sekelas MPV sudah memiliki ruang yang besar untuk menyimpan barang, namun ketika muatan penumpang penuh, bisa dipastikan ruang di tempat bagasi tidak dapat menampung lagi. “Alhasil penggunaan roof box jadi pilihan utama,” ujar Halley.

Roof Box
Roof Box. (Deni/KabarOto.com)

"Contohnya seperti saya, menggunakan Toyota Fortuner untuk keperluan keluar kota, biasanya diisi penumpang 6 orang, belum ditambah dengan keperluan barang dari masing-masing penumpang. Dengan penggunaan roof box, seluruh barang bisa naik ke atas," beber Halley.

BACA JUGA: Sistem Satu Arah Diterapkan di Jalan Tol Selama Mudik Lebaran

Selain itu lanjut dia, sebelum membeli, pemilihan roof box yang sesuai dengan kendaraan harus dipertimbangkan. Harus disesuaikan dengan karakter dan ukuran mobil.

Dede Ardiansyah, Marketing Supervisor PT Sole Indotrade menambahkan kebanyakan konsumen di Indonesia membeli roof box lebih mengutamakan ukuran besar. Yang bisa muat banyak.

Roof Box
Roof Box. (Deni/KabarOto)

BACA JUGA: Mau Gunakan Roof Box Buat Mudik? Pahami Dulu Nih Biar Ngga Mentok Palang GTO

Menurutnya, selera dan desain itu urusan sekian. “Kalau orang mudik itu biasanya berpikir keluarga, jika keluarganya banyak tentu bawaannya juga banyak. Jadi kalau bisa pakai yang besar pasti memilih beli yang besar," ungkapnya.

Dede pun sedikit memberikan tips untuk memilih ukuran roof box yang sesuai dengan mobil dan karakter mobil yang Anda gunakan.

Roof Box
Roof Box. (Deni/KabarOto.com)

"Untuk mobil jenis city car atau LCGC bisa menggunakan ukuran 410 liter, ukurannya medium tidak terlalu kecil tapi juga tidak terlalu besar. Kalau untuk jenis MPV, kita anjurkan menggunakan roofbox dengan ukuran 410 liter hingga 550 liter. Ada juga yang pakai ukuran 650 liter," paparnya.

Sementara model SUV, tambah Dede, mobil jenis ini kan memiliki ukuran yang besar, namun kabin yang cenderung sempit. “Jadi biasanya kami anjurkan menggunakan ukuran 550 liter hingga yang terbesar di 650 liter," pungkasnya. (*/KabarOto.com)


Tags Artikel Ini

Thomas Kukuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH