Jangan Asal, Memberikan Uang Tip di 5 Negara Ini Ada Aturannya Tipping dianggap lumrah oleh beberapa negara (Foto: Unsplash/Sam D Truong)

BUDAYA tipping pertama kali dilakukan di Inggris. Budaya ini dengan cepat menyebar ke seluruh penjuru dunia. Jika tidak memberikan uang tip, jangan kaget kamu tidak dilayani dengan baik di kunjungan kedua. Hal ini berlaku di beberapa negara.

Jangan asal kasih uang tip. Berikut adalah negara-negara yang biasa menerapkan budaya tipping dengan aturan tertentu, antara lain:

Baca Juga:

Nama di KTP dan Tiket Pesawat Berbeda? Ini Langkah yang Harus Dilakukan

1. Jerman

Beritahu secara lisan ke orang yang diberikan tip (Foto: Pexels/Ingo Joseph)

Di banyak negara secara umum seorang pelanggan biasanya hanya akan meletakkan sejumlah uang tip langsung. Hal ini tidak berlaku saat berada di Jerman karena dianggap sebagai hal sangat tidak sopan. Agar dianggap sopan, cukup memberitahu secara lisan kepada orang yang ingin diberikan.

2. Rusia

Tip harus diberikan langsung ke orang yang bersangkutan (Foto: Pexels/Pixabay)

Disarankan untuk memberikan langsung kepada orang atau pihak yang dimaksud. Jika uang tip yang digabungkan ke dalam nota pembayaran dari tempat tertuju, besar kemungkinan akan menjadi milik pihak tempat.

3. Amerika Serikat

Jumlah nilai uang tip sebesar 20% dari jumlah tagihan (Foto: Pexels/burst)

Merupakan tradisi yang sudah mandarah daging dalam budaya negara adikuasa ini. Uang tip harus 20% dari total tagihan kamu saat berlibur ke Amerika Serikat. Tipping di Amerika Serikat biasa diberikan kepada pekerja yang berprofesi sebagai pelayan restoran, roomboy, ataupun layanan jasa lain.

Baca juga:

5 Tips Bermanfaat saat Traveling ke Negeri Gajah Putih, Thailand

4. Kanada

Jika keberatan memberikan uang tip, langsung sampaikan(Foto: Pexels/Daniel Joseph Petty)

Tidak jauh berbeda dengan Amerika Serikat. Jika keberatan memberikan tip, disarankan untuk langsung menyampaikan komplain jika merasa tidak puas dengan pelayanan. Mereka akan antusias menerima umpan balik dari para pelanggan.

5. Prancis

Tip diberikan secara sukarela di Prancis (Foto: Eugene Dorrosh)

Memberikan uang tip di Prancis dilakukan secara sukarela tanpa banyak aturan dan paksaan. Pelanggan dapat memperhatikan cara melayani dengan penuh keramahan dan sepenuh hati serta kualitas produk yang ditawarkan. (lgi)

Baca juga:

Lakukan Hal ini untuk Liburan Lancar di India

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH