Jangan Angkat Wiper Mobil Kalau Parkir jangan angkat wiper dari kaca depan. (Foto: Pixabay/Dibjo)

ADA pendapat yang mengatakan, harus mengangkat wiper mobil bila terparkir dalam waktu lama. Misalnya mobil kamu tidak pernah keluar dari garasi, maka wipernya harus diangkat. Namun ternyata anggapan itu bisa jadi salah. Kita tidak perlu mengangkat wiper bila mobil terparkir lama.

Menurut Almus Hidayat selaku Sales Manager PT Foerch Indonesia seperti yang dimuat oleh laman kabaroto, mengatakan bahwa kegiatan itu malah membuat wiper menjadi rusak. Loh?

wiper
Mekanisme yang ada pada tangkai wiper akan merenggang. (Foto: Pixabay/nonstopsmile)

"Dalam tangkai wiper terdapat per dengan tekanan yang sudah terukur pabrik, berfungsi untuk menjaga bilah wiper tetap menempel ke permukaan kaca sehingga dapat menyapu air jika digunakan," katanya.

Almus juga menjelaskan bila tangkai wiper diangkat terus menerus dalam waktu lama akan merenggangkan per tangkai wiper.

“Jika per tangkai wiper renggang, bilah wiper tidak bisa menempel ke permukaan kaca secara maksimal bahkan bilah wiper bisa oblak pada saat diaktifkan," tambahnya.

wiper
Biarkan wiper menempel pada kaca depan. (Foto: Pixabay/hansbenn)

Risiko lainnya adalah kerusakan pada engsel mekanisme penggerak tangkai wiper karena titik tumpu beban berada di satu titik saat tangkai wiper diangkat.

Sementara pada saat wiper diletakkan pada posisi normal distribusi titik berat menyebar ke seluruh komponen wiper. Dalam jangka panjang, mekanisme engsel tersebut akan mengalami kerusakan pada dinamo penggeraknya karena terbebani komponen wiper. (*)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH