Otomotif

Jangan Abaikan Rem!

P Suryo RP Suryo R - Jumat, 27 Juli 2018
Jangan Abaikan Rem!
Rem merupakan organ vital dalam kendaraan. (Foto: YourMechanic)

REM adalah bagian paling vital dalam berkendara. Apalagi mobil otomatis yang hanya mengandalkan rem untuk menurunkan kecepatan dan menghentikan kendaraan. Sedangkan pada mobil manual masih dapat dibantu oleh engine break.

Karena fungsi rem sangat vital, terutama mobil otomatis, maka sebaiknya harus lebih waspada dan merawat rem dengan baik. Salah satunya memeriksa kondisi kampas rem apakah masih bagus atau sudah mulai menipis hingga minta diganti.

kampas rem
Kampas rem harus diperiksa ketebalannya. (Foto: classiccarmechanics)

Menurut laman KabarOto ada beberapa indikator yang menunjukan jika kampas rem mulai menipis. Seperti salah satunya adalah bunyi berdecit pada roda. Meskipun demikian bunyi berdecit bukan karena kampas rem yang menipis. Kotoran yang menempel pada pelat kampas ram dapat menimbulkan bunyi itu juga. Kampas rem yang bersinggungan dengan cakram dapat pula menimbulkan suara berdecit.

kampas rem
Bunyi berdecit bisa karena kampas atau kotoran. (Foto: jdautomotiveinc)

Bila sudah demikian kamu harus segera memeriksakannya, tidak boleh ditunda. Kamu harus melepas ban di area yang berbunyi. Setelah ban terlepas, baru bisa melihat ketebalan kampas rem melalui celah di tengah kaliper. Kalau kampas rem masih tebal, buka kaliper untuk membersihkan kotoran yang menempel.

Laman KabarOto memberikan trik sederhana untuk mengecek kondisi kampas rem. Yaitu dengan memeriksa ketinggian volume minyak rem pada wadahnya yang ada di dekat master rem. Caranya adalah membuka dulu kap mesin, lalu lihat ketinggian volume minyak rem. Namun itupun jangan bubur-buru memvonis ada masalah pada kampas rem. Sebaiknya pastikan tidak ada kebocoran minyak rem di semua peranti komponen vital ini. (*)

Baca juga: Roda Mobil Bunyi? Masalah Apalagi nih!

#Rem Blong
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan