Jan Ethes Jadi Nama Buah Anggur Varietas Baru Inovasi Badan Litbang, Jokowi Tertawa Presiden Jokowi dan Jan Ethes Srinarendral menjenguk, La Lembah Manah di RS PKU Muhammadiyah Solo, Sabtu (16/11). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo baru saja memberi nama untuk varietas anggur hasil inovasi Badan Litbang. Anggur tersebut diberi nama Jan Ethes SP 1. Nama anggur itu pastinya tidak asing di telingga karena diambil dari nama cucu pertama Presiden Jokowi.

Jokowi tertawa saat dimintai tanggapan mengenai pemberian nama tersebut. "Soal itu (nama anggur) jangan tanya ke saya," ujar Jokowi sambil tertawa saat ditemui merahputih.com, di RS PKU Muhammadiyah, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (16/11).

Baca Juga:

Cucu Ketiga Jokowi Lahir, Gibran: Wajahnya Mirip Ethes

Jokowi lalu menunjuk Jan Ethes yang ada di dekatnya untuk menjawabnya sendiri. "Ya tanya langsung ke Ethes," katanya yang datang ke RS untuk menjenguk cucu ketiganya yang baru lahir.

Jan Ethes Srinarendral (tengah) saat menjenguk La Lembah Manah di RS PKU Muhammadiyah Solo, Sabtu (16/11). (MP/Ismail)
Jan Ethes Srinarendral (tengah) saat menjenguk La Lembah Manah di RS PKU Muhammadiyah Solo, Sabtu (16/11). (MP/Ismail)

Ethes justru terlihat riang dan melambai-lambaikan tangan kepada awak media yang tengah berkumpul di rumah sakit tersebut. Tidak ada jawaban yang dikeluarkan Ethes.

Baca Juga:

Jokowi dan Iriana Kembali Jenguk Cucu Ketiga, Ethes Bagi-bagi Kaus ke Warga

Sebelumnya, nama varietas anggur Jan Ethes itu dikukuhkan dalam acara bertajuk "Pekan Inovasi Mangga Nasional" yang digelar di kebun Instalasi Penelitian Pengembangan Teknologi Pertanian Cukurgondang, Pasuruan, Jawa Timur.

Jan Ethes dan Presiden Jokowi. (Foto: Instagram @jokowi)
Jan Ethes dan Presiden Jokowi. (Foto: Instagram @jokowi)

Syahrul berharap, nama yang bernuansa Jawa itu memiliki makna baik.

"Saya suka nama itu. Dalam bahasa Jawa, artinya sangat bagus. Jan berarti sangat, Ethes berarti cekatan. Bagus sekali buat varites anggur baru khas Indonesia," kata dia. (Ism)

Baca Juga:

Warganet Kecewa Jan Ethes Tak Terlihat di Pelantikan Jokowi, Kaesang Jadi Sasaran



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH