Jamur Puluhan Juta Jadi Bahan Kecantikan

 Irene Gianov Irene Gianov - Senin, 22 Mei 2017
Jamur Puluhan Juta Jadi Bahan Kecantikan
Truffle, jamur mahal yang dipakai untuk produk kecantikan (Foto: Pixabay)

Penggemar makanan unik dan mewah, pasti pernah mendengar soal jamur truffle putih. Truffle terdiri dari beberapa jenis, tapi jamur truffle putih nyatanya lebih mahal daripada jenis lainnya karena hanya bisa ditemukan di alam pada waktu tertentu. Tidak hanya sebagai olahan makanan, ternyata truffle putih juga bisa dijadikan bahan produk kecantikan.

Bisa jadi berbagai olahan, seperti pizza, garam, atau mentega, harga jamur ini mencapai Rp20-30 jutaan per kilogram. Truffle dikenal mahal karena ia sangat sulit ditanam, hanya bisa ditanam di hutan Italia Utara pada bulan Oktober sampai Desember saja. Pada saat akan panen pun, jamur ini dicari di kedalaman 5-40 cm dalam tanah, dengan bantuan babi atau anjing terlatih.

Dengan aroma berbau tanah (earthy), sebenarnya apa kelebihan truffle? Sebagai jamur, truffle memiliki mineral dan vitamin tinggi, yang bisa membantu proses pembaruan kulit dan 'menenangkan' kulit yang radang. Truffle juga memiliki asam lemak yang penting untuk menghilangkan garis-garis dan kerutan pada wajah. Itulah yang membuat kulit terhidrasi, halus, dan lembut saat disentuh.

Truffle putih memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, membuatnya efektif mencerahkan dan menghilangkan noda hitam dan hiperpigmentasi (pigmen yang membesar setelah kulit terbakar). Selain itu, truffle juga mengandung vitamin B3 tinggi, yang baik untuk memperbaiki kulit yang rusak. Juga vitamin B6 yang menghindari kulit kering dan iritasi serta vitamin B12 juga untuk mencegah hiperpigmentasi. Dibanding truffle hitam, truffle putih mengandung mineral dan asam amino yang lebih tinggi.

Beberapa merek produk kecantikan Korea sudah melihat peluang ini. Mereka pun mengeluarkan berbagai produk mengandung jamur tersebut, mulai dari serum, minyak berbentuk stick, sampai masker. Dengan kisaran harga Rp300 ribuan, produk berbahan jamur termahal dunia ini bisa menjadi teman merawat kulit kalian, lho!

Baca juga: Buat Sendiri Masker Wajah Dari Alpukat.

#Info Kecantikan #Jamur #Produk Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Irene Gianov

Love Indonesia
Bagikan