Jamur, Karat dan Goresan Hilang, Mobil Cemerlang Merawat mobil sebaiknya ditangani sendiri. (Foto: mobil-cuci-Pexels/Kaboompics com)

MERAWAT mobil sangatlah mudah. Kemudahan saat ini adalah banyak salon mobil yang memberikan penawaran dengan paket bersaing memberikan hasil maksimal. Mobil kinclong sangat membanggakan pemiliknya.

Salah satu cara merawat mobil adalah dengan mengerjakannya sendiri. Selain memberikan rasa kepuasan juga mengerti setiap inchi mobil kamu. Laman KabarOto memberikan tiga langkah mudah membuat mobil kamu kinclong.

Baca Juga:

5 Desain Mobil yang Mengukuhkan nama Shelby


Hilangkan baret halus

mobil
Dengan penanganan yang benar goresan atau baret halus dapat hilang. 9Foto: mobil putih-Pexels-Pixabay)

Mobil harus dicuci terlebih dahulu. Usahakan berada dalam bayang-bayang, jangan terkena sinar matahari langsung. Setelah kering total kemudian gunakan kompon untuk menghilangkan baret halus di bodi. Saat menggosok, gunakan kain micro fiber atau busa halus.

Ketika menggosok gunakan gerakan memutar, hingga baret tidak terlihat. Setelah selesai menggunakan kompon, lanjut dengan wax. Oles wax menggunakan busa halus. Kamu bisa mengulangi prosesnya hingga hasil yang diinginkan.

Hilangkan karat

mobil
Mobil langsung disemprot bila terguyur hujan. (Foto: Unpslash/Jan Kopriva)

Iklim tropis di Indonesia bukan mustahil sangat mudah memunculkan karat. Usahakan mobil diparkirkan di tempat yang tidak lembab. Kemudian bila terkena hujan, segera semprot bagian bawah mobil dengan air bersih. Perhatikan bagian karet-karet di kaca dan pintu. Bila sudah tidak baik dan kendor segera ganti, ini akan mencegah air masuk yang kemungkinan menimbulkan karat. Karat dapat pula muncul apabila ada goresan di cat yang mengelupas sampai plat bodi.

Baca Juga:

Mobil Warna Putih Jangan Keseringan Dicuci

Hilangkan jamur

mobil
Kaca mobil tanpa jamur menjamin keselamatan berkendara. (Foto: Pixabay/bernswaelz)

Jamur sangat mengganggu penampilan mobil terutama pada kaca. Langkah untuk menghilangkannya dengan mencuci kaca terlebih dahulu. Kemudian keringkan kaca hingga sempurna. Kalau bercak air dibiarkan menempel hingga kering dengan sendirinya dapat menimbulkan jamur. Bila terguyur hujan sebaiknya langsung dibilas dengan air bersih. Kemudian keringkan dengan baik.

Bila kaca mobil sudah terlanjur berjamur, lap kaca mobil menggunakan alkohol dan gosok dengan kapas. Ulangi proses tersebut hingga benar-benar bersih. (*)

Baca Juga:

Tips Ampuh Membersihkan Mobil yang Terendam Banjir

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH