Jamilah dalam 5 Lukisan Potret Hati Perempuan Pameran "Complex Anxiety" di Gudang Sarinah Ekosistem, Sabtu (15/7). (Foto: MP/Bagus Riyanto)

JAMILAH, salah seorang seniman lukis yang mengekspresikan karyanya lewat media kanvas unjuk gigi dalam pameran seni di Gudang Sarinah Ekosistem, Pancoran Timur II, Sabtu (15/7).

Pada acara bertemakan "Complex Anxiety" tersebut, Jamilah memamerkan beberapa karya yang diangkat dari kegelisahan wanita muda masa kini. Karya tersebut diangkat dari kehidupan dan percintaan yang dirasakan pada setiap wanita, juga dirinya pribadi.

Berikut 5 potret lukisan wanita biasa namun kompleks versi Jamilah:

1. Save Contemplation. Wanita yang mengalami luka batin akibat percintaan merenungkan diri, menuju pada proses move on.

2. Three Brides. Tiga pengantin, memvisualisasikan 3 figur wajah wanita. Pertama, wanita berwajah menanar, tatapan mata kosong, menggambarkan kepasrahan ketika masuk ke pernikahan. Kedua, wanita dengan segurat senyum, menceritakan wanita yang siap memasuki jenjang pernikahan dan sudah menyusun rencana. Ketiga, wajah ketakutan, berpegangan pada wanita sebelahnya, menunjukkan bahwa ia takut memasuki jenjang pernikahan karena banyak hal.

jamilah complex anxiety
Jamilah dengan karyanya, "Save Contemplation" (kiri) dan "Three Brides" (kanan) dalam pameran Complex Anxiety. (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

3. Woman Intuition. Wanita memiliki intuisi, di mana ia melakukan sesuatu karena gerak hati. Ia juga memiliki ketulusan untuk melakukan segala sesuatu yang ada pada hatinya.

4. Stay Cheerful. Sosok wanita tersenyum dan tampak segar, dengan mawar dan kupu-kupu beterbangan. Menggambarkan wanita yang tetap ceria apapun masalah yang dihadapinya dan selalu menebarkan nilai positif.

jamilah complex anxiety lukisan
Lukisan Jamilah berjudul "Woman Intuition" (atas) dan "Stay Cheerful" (bawah). (Foto: MP/Rizky Fitrianto)

5. Anonymous. Menggambarkan jiwa laki-laki yang ada dalam wanita, dan itu ada. Wanita yang memimpin segala sesuatu, mengambil risiko, dan mencari nafkah. Itulah jiwa laki-laki yang terdapat dalam diri wanita, dan itu bersifat alami, bukan kelainan atau apa pun. (Bing)

Baca juga berita terkait: Seniman Dadho Wacky: Remaja Perlu Panutan Terkenal dan Berpengaruh.



Kapten

LAINNYA DARI MERAH PUTIH