James Ivory Menjadi Pemenang Tertua dalam Academy Award James Ivory (Sumber: Vulture)

SELAMA ini, Hollywood selalu memberi tempat bagi kaum muda. Kini, kesempatan juga diberikan bagi mereka yang telah berumur. Hal itu ditunjukkan dengan banyaknya sineas yang telah berumur mendapatkan nominasi dan menjadi pemenang di Academy Award ke-90.

Salah satu pekerja seni yang mendapatkan penghargaan Oscar di usia tua yakni James Ivory. Sesuai dengan penyelenggaraan Academy Awards yang ke-90, ia juga mendapatkan penghargaan tersebut di usia ke-90. Dirinya memenangkan Oscar kategori Best Adapted Screenplay untuk film berjudul Call Me By Your Name. Film tersebut merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya André Acima pada tahun 2007.

Seperti diberitakan Vox, sebelumnya, Ivory pernah beberapa kali mendapatkan tiga nominasi. Ketiganya kategori Best Director. Karyanya yang mendapatkan nominasi yakni A Room With a View pada tahun 1987, Howard's End pada 1993, dan The Remains of The Day pada 1994. Seluruh film tersebut diadaptasi dari novel. Uniknya lagi, film-film yang ia buat tersebut juga merupakan adaptasi dari penulis naskah lainnya.

Meski Ivory pernah berkecimpung sebagai penulis naskah, dirinya lebih dikenal sebagai sutradara. Ia juga pernah menjabat sebagai ketua di Merchant Ivory Production. Organisasi tersebut ia dirikan bersama Ismail Merchant pada 1961. Ivory dan Merchant merupakan partner bisnis dan partner dalam hubungan asmara selama 44 tahun.

Semula, Ivory direncanakan akan menjadi asisten sutradara. Ia akan menggarap proyek film tersebut berdua dengan Luca Guadagnino. Namun sang produser hanya menginginkan seorang sutradara untuk men-direct film tersebut. Lalu dipilihlah Ivory sebagai sutradara tunggal. Kemenangannya dalam Academy Awards ke-90 terasa cukup manis. Pasalnya, ia berencana untuk pensiun dan piala Oscar tersebut menjadi penutup karirnya yang sangat luar biasa. (*)



Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH