Film
James Cameron Nyaris tak Pekerjakan Leonardo DiCaprio untuk ‘Titanic’ James Cameron nyaris tak pekerjakan Leonardo DiCaprio untuk 'Titanic'. (foto: IMDB)

PADA 19 Desember nanti, Titanic resmi berusia 25 tahun. Film besutan James Cameron yang dirilis pada 1997 itu melejitkan pasangan Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet. Keduanya sukses mencuri perhatian penonton lewat peran mereka sebagai kekasih yang terpisah saat kapal Titanic tenggelam.

Namun, pasangan DiCaprio dan Winslet nyaris tak terjadi. Sutradara James Cameron, dalam wawancara dengan majalah GQ, mengungkap awalnya ia tak memikirkan nama DiCaprio dan Winslet sebagai pasangan Jack dan Rose di film Titanic.

BACA JUGA:

James Cameron Ungkapkan Sulitnya Menulis Naskah 'Avatar 2'

Awalnya, Cameron berpikir akan memberikan peran Rose kepada Gwyneth Paltrow. Nama Winslet hanya muncul sebagai opsi cadangan. “Kate tak masuk pertimbanganku. Itu lebih karena ia telah melakukan beberapa drama sejarah sebelumnya. Ia bahkan punya sebutan ‘Corset Kate’ karena mengerjakan proyek drama sejarah,” jelas Cameron.

kate winslet
Peran Rose awalnya akan diberikan kepada Gwyneth Paltrow. (foto: IMDB)

Memang, tiga proyek film Winslet sebelum Titanic merupakan film potongan sejarah, yakni Sense and Sensibility pada 1995, Jude, dan Hamlet di tahun berikutnya.

Ketakutan Cameron ialah, jika ia memberikan peran Rose ke Winslet, itu akan terlihat seperti ‘casting termalas di dunia’. Meski demikian, ia setuju bertemu Winslet secara langsung. Pertemuan itu berbuah manis. Cameron menganggap Winslet ‘fantastis’.

Setelah Winslet mendapat peran Rose, Cameron kembali berburu untuk aktor yang memerankan Jack. Berbeda dengan Winslet, pemilihan dengan DiCaprio diwarnai ganjalan di awal.

BACA JUGA:

James Cameron Khawatir Akan Masa Depan Sinema

Pertemuan pertama Cameron dan bintang The Revenant itu berubah menjadi histeria. Semua pekerja perempuan di kantor produksi tumplak ke ruang pertemuan ketika aktor tampan itu bertemu Cameron. Meski demikian, DiCaprio kembali diundang untuk sebuah sesi tes layar bersama Winslet.

“Ia datang dan mengira itu merupakan pertemuan lain bersama Kate,” jelas Cameron. Namun, tentu saja itu bukan pertemuan perkenalan. DiCaprio terkaget ketika ia diminta membaca skrip dan direkam bersama Winslet. “Aku berkata, ‘kita akan coba beberapa dialog dan merekamnya’,” kenang Cameron.

Namun, DiCaprio, yang ketika itu merupakan aktor nominasi Oscar untuk What’s Eating Gilbert Grape (1993), merasa itu merupakan hal yang ganjil. “Ia berkata, ‘maksudmu aku membaca? Aku tak melakukannya’,” kenangnya. Hal yang dimaksud DiCaprio ialah ia tak diharuskan audisi dengan membaca skrip untuk mendapat sebuah peran.

Leonardo DiCaprio
Leonardo DiCaprio nyaris tak mendapatkan peran Jack. (foto: IMDB)

Dengan enteng, Cameron melambaikan tangan dan berkata, “Kalau begitu, terima kasih telah datang.” Secara lugas, sutradara 68 tahun itu menjelaskan betapa besar skala proyek film yang akan ia kerjakan. Itulah mengapa ia tak mau memberikan peran utama ke aktor yang tak tepat. “Jadi kau harus membaca atau tak mendapat perannya,” ujarnya.

Dengan enggan, DiCaprio akhirnya menyanggupi permintaan Cameron. Seketika itu, DiCaprio berubah menjadi sosok Jack, bersinar. Chemistry keduanya pun langsung terbentuk, sebagaimana terlihat dalam film.

Film Titanic menuai kesuksesan besar. Film ini meraih 14 nominasi Academy Award dan memenangi 11 di antaranya, termasuk sutradara terbaik untuk Cameron.(dwi)

BACA JUGA:

Inilah Pemenang 22 Kategori Piala Citra Festival Film Indonesia 2022

Penulis : Dwi Astarini Dwi Astarini
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Serial 'Crystal Lake' dari 'Friday The 13th' Siap Dirilis
ShowBiz
Olahan Merica bukan hanya untuk Masakan saja
Fun
Olahan Merica bukan hanya untuk Masakan saja

Produk olahan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Brompton Luncurkan Kolaborasi dengan Barbour
Fun
Brompton Luncurkan Kolaborasi dengan Barbour

Kolaborasi spesial tawarkan produk khusus sepeda, tas, hingga pakaian.

Disney Siap Menceritakan Armor Wars di Disney Plus
Fun
Disney Siap Menceritakan Armor Wars di Disney Plus

Kisah Armor Wars akan dibahas lebih mendalam lewat film.

Bintangi 4 Film Berpendapatan Tinggi, Zoe Saldana Cetak Rekor
ShowBiz
Bintangi 4 Film Berpendapatan Tinggi, Zoe Saldana Cetak Rekor

Tak ada bintang lain yang mampu menyamai capaian Zoe.

Hanin Dhiya Hadirkan Nuansa Galau di Lagu 'Sempat'
ShowBiz
Hanin Dhiya Hadirkan Nuansa Galau di Lagu 'Sempat'

Hanin Dhiya mengajak para pendengarnya untuk galau bersama melalui single terbarunya bertajuk 'Sempat'.

Trend 'Dumbphone' yang Tengah Bergerak Naik
Fun
Trend 'Dumbphone' yang Tengah Bergerak Naik

Dumbphone adalah ponsel biasa dengan fungsi yang sangat terbatas.

Lawan Stigma, Voice of Baceport Rilis 'PMS'
ShowBiz
Lawan Stigma, Voice of Baceport Rilis 'PMS'

VOICE of Baceprot (VOB) kembali dengan single terbaru nan penuh powerful berjudul PMS.

Kurangi Sensasi Pedas di Mulut Salah Satunya dengan Susu
Fun
Kurangi Sensasi Pedas di Mulut Salah Satunya dengan Susu

Meski menyukainya dan merasa ‘kebal’ terhadap rasa pedasnya, pasti ada batasannya.

Cuma Rp 700 Ribuan Buat Dapat Lisensi Microsoft Office
Fun
Cuma Rp 700 Ribuan Buat Dapat Lisensi Microsoft Office

Saat ini kamu bisa mendapatkan Microsoft Office Home and Business 2021 untuk Mac dan Microsof Office Professional 20221 untuk windows di stacksocial.