Wisata Indonesia

Jambore Bahari, Cara Meningkatkan Kepedulian Masyarakat Pulau Tunda

Muchammad YaniMuchammad Yani - Selasa, 09 Oktober 2018
Jambore Bahari, Cara Meningkatkan Kepedulian Masyarakat Pulau Tunda
Jambore Bahari di Pulau Tunda (Foto: HIMAPIKANI)

SEBAGAI salah satu pulau di barat Jawa, Pulau Tunda memiliki potensi wisata bahari yang menjanjikan. Pulau yang secara administrasi masuk wilayah Kabupaten Serang, Banten ini adalah paket komplit. Di sana kamu bisa menikmati keindahan pantai dan bawah laut.

Guna meningkatkan kesadaran bahari di pulau tersebut, Himpunan Mahasiswa Perikanan Indonesia (HIMAPIKANI) Wilayah II membuat jambore bahari untuk masyarakat khususnya anak-anak dan ibu-ibu Pulau Tunda dengan tema Beraksi untuk Bahari Peduli agar tetap Lestari. Kegiatan tersebut diadakan pada tanggal 5 hingga 7 Oktober lalu.

Kegiatan saat jambore bahari (Sumber: HIMAPIKANI)
Kegiatan saat jambore bahari (Foto: HIMAPIKANI)

Ada berbagai rangkaian kegiatan environmental class yang dilakukan seperti mengajarkan anak-anak tentang lingkungan hidup di Pulau Tunda seperti ekosistem mangrove, lamun, dan terumbu karang. Tak hanya itu anak-anak juga diajarkan cara menyemai propagul mangrove.

Kegiatan environmental class juga dilakukan untuk ibu-ibu. Mereka diberikan penyuluhan tetang pemberdayaan limbah plastik. Harapannya, masyarakat Pulau Tunda dapat membuat sampah plastik menjadi barang dengan nilai jual sehingga bisa meningkatkan ekonomi kreatif di sana.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 50 masyarakat Pulau Tunda (Sumber: HIMAPIKANI)
Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 50 masyarakat Pulau Tunda (Foto: HIMAPIKANI)

"Harapannya rangkaian kegiatan tersebut dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan serta masyarakat juga mendapatkan manfaat dari kepedulian nya terhadap lingkungan," ungkap ketua gerakan Indonesia bersih, TB. Rismunandar dalam rilis yang diterima Merahputih.com, Selasa (9/10).

Manajer PKBL, Aris Widodo menambahkan kegiatan jambore bahari bisa menjadi acuan kegiatan mahasiswa untuk menjaga lingkungan pesisir pantai seperti penanaman mangrove, coastal care dan lainnya.

Coastal care juga dilakukan dalam Jambore Bahari (Sumber: HIMAPIKANI)
Coastal care juga dilakukan dalam Jambore Bahari (Foto: HIMAPIKANI)

Dalam kegiatan ini juga terlibat beberapa instansi yang berkerjasama, seperti Kementrian kordinator bidang kemaritiman RI, Dinas kelautan dan perikanan provinsi Banten dan kementrian kelautan dan perikanan RI. Terdapat pula sponsor Bank Mandiri serta Perum Perikanan Indonesia yang ikut membantu kegiatan tersebut.

Kegiatan Jambore Bahari 2018 diikuti oleh 70 peserta dari masing-masing LKP HIMAPIKANI wilayah II, beberapa tamu undangan serta instansi pemerintahan, dan masyarakat Pulau Tunda sekitar 50 orang. (*)

#Pulau Tunda Banten #Wisata
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan