Jam Sirkadian Terganggu, Potensi Kanker, Diabetes, dan Hipertensi

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 05 April 2023
Jam Sirkadian Terganggu, Potensi Kanker, Diabetes, dan Hipertensi
Jet lag adalah salah satu faktor yang mengakibatkan gangguan sirkadian. (freepik/stockking)

BEPERGIAN dengan pesawat yang melintasi berbagai zona waktu memilikinpotensi gangguan kesehatan. Kondisi yang dinamakan jet lag ini membuat kamu merasa lelah padahal kamu hanya duduk saja selama penerbangan atau bahkan terlelap. Jet lag merupakan gangguan ritme sirkandian.

Bukan hanya pada jet lag, pekerja shift malam juga mengalami gangguan ini. Jam internal di dalam tubuhmu jadi kacau. Memang ada trik untuk membiasakan jam internal tubuh ke waktu setempat setelah jet lag atau shift malam. Sayangnya ada bahaya kesehatan dari berubahnya jam internal tubuhmu.

Baca Juga:

Mengapa Jari Mengkerut jika Terlalu Lama Terendam Air

kesehatan
Begadang atau kerja shift malam memiliki risiko mengalami gangguan jam internal tubuh. (Pexels/Bich Tran)

Mengutip sciencedialy, University of Massachusetts Amherst melakukan penelitian terhadap efek pada kesehatan dari ritme sirkandian tubuh yang terganggu akibat jet lag dan shift kerja malam.

“Gangguan sirkadian berdampak pada banyak hal. Ada kaitannya dengan kanker, diabetes, dan hipertensi. Serta dampak buruk pada neurogenesis,” kata Profesor Emeritus Biologi Michael Seifu Bahiru di lab Eric Bittman.

Bukan hanya itu, gangguan internal ini melibatkan keadaan desinkronisasi di dalam organ bertanggung jawab atas dampak buruk pada neurogenesis yang bisa memberikan efek tak baik bagi kesehatan.

Hal ini dikarenakan terganggunya gen sirkandian bernama Cryptochrome 1 (Cry 1) yang mengatur pembentukan neuron di hippocampus otak. Kelahiran sel dan kelangsungan hidup di hippocampus diatur oleh jam sirkadian.

Baca Juga:

Terapi Hormon Enzamet Tingkatkan Kelangsungan Hidup Pengidap Kanker Prostat

gangguan
Gangguan sirkadian berpotensi kanker. (123RF/maksymiv)

Jadi jika terganggu dapat menghentikan proses neurogenesis. Neurogenesis bekerja untuk mendukung pembelajaran dan ingatan. Menurut penelitian ada kaitannya dengan demensia dan penyakit mental.

Mungkin kamu dapat dengan mudah beradaptasi dengan waktu di negara baru yang kamu kunjungi atau beradaptasi dengan shift malam. Sayangnya jika ritme sirkandian tubuhmu terganggu, efeknya tidak akan sesingkat saat kamu mengalami jet lag. Penyakit serius berjangka panjang telah mengintaimu.

Untuk itu, penting untuk tidak menyepelekan efek samping dari jet lag atau waktu kerja shift malam. (kmp)

Baca Juga:

Mengenal Jerawat Hormon Pada Pria

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan